Merasa Dirugikan, Pemkab Subang Laporkan Sebuah Objek Wisata di Ciater ke Kejati Jabar

Yudy Heryawan Juanda
.
Selasa, 17 Januari 2023 | 19:50 WIB
Tim Advokasi dan Bagian Hukum Pemkab Subang melaporkan sebuah objek wisata ke Kejati Jabar. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang, Jawa Barat melaporkan sebuah objek wisata di Kecamatan Ciater, Subang. Pemkab Subang resmi melaporkan dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan sebuah objek wisata tersebut ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Senin (16/1/2023).

"Kami Tim Advokasi yang terdiri dari Profesional Advokat dan Bagian Hukum Pemkab Subang telah melaporkan secara resmi adanya dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan Objek Wisata Sari Ater ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat," ujar Tim Advokasi Pemkab Subang, Ardi Kusumah, Selasa (17/1/2023). 

BACA JUGA : Bukan Pemerkosaan, Jaksa Ungkap Peristiwa di Magelang Perselingkuhan Brigadir J dan PC

Ardi menduga, bahwa Pemkab Subang selama bertahun-tahun dirugikan dalam hal bagi hasil keuntungan usaha dalam kerjasama pengelolaannya dari perjanjian pertama tahun 1987 yang telah diaddendum sebanyak 3 kali yaitu pada tahun 1991, 2005, dan 2012. 

"Kerugian tersebut terjadi karena adanya biaya-biaya yang tidak seharusnya dibebankan sebelum bagi hasil, dan kerugian akibat belum segera diserahkannya seluruh aset Obyek Wisata Sari Ater kepada Pemkab Subang yang harusnya diserahkan selambat-lambatnya bulan sejak ditandatanganinya addendum perjanjian Tahun 2012, serta menduga adanya kerjasama dengan pihak ketiga tanpa persetujuan Pemkab Subang," jelasnya. 

BACA JUGA : Penuhi Kebutuhan Petani, Pupuk Indonesia Siapkan 93.684 Ton Pupuk Subsidi untuk Jabar, DKI & Banten

Namun Ardi belum bisa menyebutkan jumlah kerugian yang dialami oleh Pemkab Subang. Hal tersebut lanjut Ardi masih dalam proses audit. 

Follow Berita iNews Subang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini