Sulap Ikan Yang Dulu Dibuang Nelayan Jadi Kripik, Aiptu Udin Bantu Ekonomi Ratusan Istri Nelayan

Yudy Heryawan Juanda
Babinkamtibmas Aiptu Udin membantu para istri nelayan Patimban menjemur ikan Lapan. (Foto: Yudy H Juanda)

"Tujuan saya dengan apa yang saya punya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan, alhamdulillah respon masyarakat sangat baik karena kini mereka menjadi produktif dan memiliki penghasilan," katanya.

Sementara menurut Ketua Bumdes Desa Patimben, Karsono, setelah masyarakat mulai bisa mengolah ikan Lapan dan Bilis ini, mereka hanya menjual dalam bentuk curah atau kering. Namun setelah berdiskusi dengan Babinkamtibmas Aiptu Udin, akhirnya keluar terobosan mengolah menjadi kripik yang ternyata rasanya sangat enak.

BACA JUGA : Dapat Bantuan Rp20 Juta Dari Jabar Quick Response, Nenek Ami Segera Punya Rumah Layak Huni

"Bagaimana caranya produk yang ada di Desa kami menjadi lebih ada nilai tambah, salah satunya adalah olahan ikan Lapan dan Bilis, akhirnya setelah berdiskusi dengan Babinkamtibmas kita yang biasa jual dalam bentuk curah kini penjualannya dalam bentuk sudah dikemas dan siap saji yaitu kripik," imbuhnya.

Karsono melanjutkan, ibu-ibu yang dilibatkam adalah para istri nelayan yang jumlahnya mencapai ratusan. Setiap ikan datang, mereka berbondong-bondong mengambil ikan dan mengolahnya di rumah masing-masing. Tugas mereka juga berbeda-ada, ada yang bagian membersihkan ikan lalu mengembalikan ke tengkulak untuk dikeringkan dan ada bagian yang membuat kripik.

BACA JUGA : Jalin Silaturahmi, Polsek Cisalak Kunjungi Ponpes Al Istiqomah Subang

"Ibu-ibu yang terlibat disini adalah rata-rata seluruh masyarakat atau istri para nelayan yang terlibat, dikala nelayan ini menyandarkan perahunya di dermaga kemudian ditimbang dan dibawa ke tengkulak ikannya, nanti ibu-ibu akan secara berbondong-bondong mengambil dan diolahnya di rumah masing-masing," pungkasnya.


Babinkamtibmas Aiptu Udin membantu nelayan menimbang ikan Lapan. (Foto: Yudy H Juanda)

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network