Purnama Subang Cara Pertamina EP Berdayakan Para Mantan Pekerja Migran Menuju Kemandirian

Yudy Heryawan Juanda
Melalui Purnama Subang, Supianto mantan PMI berhasil ubah limbah diapers menjadi pot bunga yang bernilai tinggi. (Foto: Yudy H Juanda)

Pertamina EP kemudian mengajak Yanti untuk bergabung dengan program Purnama Subang. Melalui program ini, Yanti dilatih untuk membuat kemasan yang baik dan meningkatkan kemampuan pemasarannya. Tidak hanya itu, Pertamina EP juga membantu merenovasi halaman rumah Yanti menjadi sebuah warung kecil dan tempat ngopi, tempat ia bisa menjajakan hasil jualannya. 

"Alhamdulillah itu orang Pertamina bantu dibikinin produknya atau apa di bantu pengemasan. Terus bangunin ini lantai, sama warung, kamar mandi terus alat-alat," jelasnya dengan rasa bahagia. 

Subang telah memberikan dampak positif bagi mantan pekerja migran seperti Supianto dan Yanti. Senior Manager Pertamina EP Subang Field, Ndirga Andri Sisworo, menyatakan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup mantan PMI melalui pemberdayaan ekonomi dan sosial.

"Program Purnama Subang berupaya menciptakan dampak positif berupa peningkatan kualitas hidup kelompok purna Pekerja Migran Indonesia di Desa Compreng sehingga mampu berdaya secara sosial, ekonomi, dan memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat secara lebih luas," ungkapnya. 

Selain itu, Purnama Subang yang kini memiliki 63 anggota juga menyediakan jasa konsultasi gratis bagi masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri. Dengan pengalaman yang dimiliki para mantan PMI, calon pekerja migran dapat mengurangi risiko berbahaya saat bekerja di luar negeri.

"Masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri juga bisa berkonsultasi dengan mereka yang memiliki pengalaman secara gratis. Sehingga calon PMI ini dapat mengurangi resiko-resiko berbahaya saat di luar negeri sana," pungkasnya. 

Program Purnama Subang menjadi contoh nyata bagaimana sinergi antara perusahaan dan masyarakat dapat menciptakan solusi bagi permasalahan sosial. Dengan pemberdayaan ekonomi melalui inovasi lingkungan, mantan pekerja migran di Kabupaten Subang kini tidak hanya mampu mandiri, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan masyarakat secara lebih luas. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network