get app
inews
Aa Read Next : Raih 2287 Suara, Sholehudin Menang di Pilkades Blanakan Subang

Tanam Jagung di Subang, Danrem 063 Sunan Gunung Jati : Hasilnya Dapat Dimanfaatkan Masyarakat

Rabu, 03 Agustus 2022 | 20:29 WIB
header img
Danrem, Kolonel Inf Dany Rakca pimpin penanaman jagung Hybrida di Kabupaten Subang. (Foto: Dok Kodim Subang)

SUBANG, iNews.id - Komandan Resor Militer (Danrem) 063/SGJ, Kolonel Inf Dany Rakca, menggelar pelaksanaan kegiatan penanaman jagung jenis Hybrida di Wilayah Kodim 0605/Subang, di Kawasan Perhutani HPD Sukahurip Desa Sukahurip Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, Rabu (03/8/2022).

Selain di Kabupaten Subang, kegiatan tersebut juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kodam III/Slw yang terpusat di Dodiklatpur Rindam III/Siliwangi tepatnya di daerah Ciuyah Pandeglang Banten dan dipimpin oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo bersama Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi.

BACA JUGA : HUT Kemerdekaan RI ke 77, Puluhan Bapak-bapak di Ciasem Subang Ikuti Lomba Memasak Nasi Liwet

Menurut Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca, kegiatan ini merupakan atas perintah Pangdam III/SLW Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, anggota TNI diminta menanam Jagung secara serentak di lahan wilayah teritorial masing-masing di bawah satuan Kodam III/Slw, nanti hasilnya akan diberikan kepada masyarakat.

“Kami mengimplementasikan perintah Bapak Presiden, kemudian Perintah Bapak Kepala Staf Angkatan Darat termasuk juga Bapak Pangdam III Siliwangi tentang membantu mewujudkan ketahanan pangan berupa produk-produk atau komoditas pangan yang dapat digunakan oleh masyarakat maupun membantu ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

BACA JUGA : Belajar di Lantai, Murid SDN Banjarsari Subang Sering Rasakan Sakit dan Pegal

Di wilayah teritorial Korem 063/SGJ, Kolonel Inf Dany Rakca menambahkan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 98 Ha untuk ketahanan pangan.

“Di wilayah kami ada 98 Ha yang siap ditanam, yang terbentang di 8 Kabupaten. Untuk di wilayah Kodim 0605/Subang sendiri telah menyiapkan lahan seluas 25 Ha yang bekerja sama dengan Dinas Perhutani dan Gapoktan,” jelas Kolonel Inf Dany.

Lebih lanjut Kolonel Inf Dany Rakca, menyebutkan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan Polri dan Pemda setempat serta unsur instansi terkait guna mewujudkan hal tersebut.

BACA JUGA : Yonif 312/KH Subang 'Serang' Kalijati, Puluhan Warga Dikumpulkan

“Tentunya Kodim juga tidak bisa bergerak sendiri, dalam mewujudkan itu bekerja sama dengan teman-teman Pemda dalam hal ini Pak Bupati yang didelegasikan Kepala Dinasnya, juga dari Perhutani yang menyiapkan lahan yang selama ini tidak digunakan dengan efektif, juga dari Kepolisian, kejaksaan membantu pengawasan tentang bagaimana penggunaan terhadap anggaran, penggunaan legalitas terhadap lahan,” imbuh Danrem.

“Jadi ini bukan keberhasilan satu instansi tapi suatu keberhasilan secara utuh di Kabupaten Subang," pungkas Danrem.

Pada kesempatan itu di sekitar lahan ketahanan pangan, Danrem 063/SGJ yang memiliki anak asuh stunting di wilayah teritorial Kodim 0605/Subang memberikan bantuan berupa bahan makanan dan uang gizi kepada dua puluh delapan (28) anak penderita Stunting.

BACA JUGA : 5 Momentum dan Makna Berharga Bagi Umat Islam di Bulan Muharram

“Ibu sekalian ini ada bahan–bahan makanan ada telur, susu dan banyak lagi, mudah–mudahan bisa membantu menambah gizi anak–anak," ungkapnya.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut