get app
inews
Aa Read Next : Raih 2287 Suara, Sholehudin Menang di Pilkades Blanakan Subang

Budidaya Tikus Putih, Pemuda Subang ini Raih Cuan Jutaan Rupiah Dengan Cepat dan Mudah

Senin, 25 Juli 2022 | 15:26 WIB
header img
Yudha Setia Priatna, pemuda berusia 22 tahun sukses budidaya tikus putih. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNews.id - Tikus merupakan binatang pengerat yang dibenci sebagian besar orang karena dianggap menjijikan. Namun seorang pemuda di Subang, Jawa Barat memilih untuk budidaya tikus putih dan mengahasilkan uang jutaan rupiah perbulannya.

Di halaman rumahnya Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Subang ini Yudha Setia Priatna (22) melakukan budidaya tikus. Namun bukan tikus liar atau tikus hitam yang biasa berada di sawah atau rumah-rumah, tikus yang dibudidaya yaitu tikus putih jenis Rat dan Mencit.

BACA JUGA : Gelar Ruat Laut, Ratusan Nelayan Patimban Buang Kepala Kerbau ke Laut

Menurut Yudha, pertama kali dirinya budidaya tikus putih ini karena kesulitan mencari tikus untuk pakan ular miliknya. Akhirnya Yudha mencoba membeli tikus lebih banyak untuk pakan ularnya dan berkembangbiak. disitulah Yudha lebih serius berbudidaya tikus putih.

"Pertamanya saya susah nyari tikus untuk makan ular, ada rencana untuk ternak karena carinya susah, mulai pada tahun 2017 akhir, pada tahun itu beli anakan yang biasa kasih makan agak banyak, kemudian beranak dan dijual online ternyata peluangnya lumayan," ujar Yudha kepada iNewsSubang.id, Senin (25/7/2022).

BACA JUGA : Seorang Penghuni Tewas Dalam Musibah Kebakaran Rumah di Subang

Yudha menambahkan, ia belajar budidaya tikus putih tersebut secara autodidak. Untuk pemasaran menggunakan media sosial serta banyak yang datang langsung ke rumahnya untuk membeli dari daerah Subang dan Bandung.

"Awalnya belajar autodidak, cuma semakin kesini berkenalan dengan peternak senior dan belajar, pemasaran online dan sekitar Subang dan Bandung," katanya.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut