get app
inews
Aa Read Next : Pejabat Dinas Pertanian Subang Diduga Sandera Bantuan Alsintan Kementan dari Petani

Mantap dan Inpari 48 Blas, Varietas Padi Unggul Baru dari Kementan jadi Andalan Petani Indonesia

Kamis, 13 Juli 2023 | 17:07 WIB
header img
Mantap dan Inpari 48 Blas, Varietas Padi Unggul Baru dari Kementan jadi Andalan Petani Indonesia. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id - Varietas unggul merupakan salah satu teknologi yang berperan penting dalam peningkatan produksi pertanian. Kontribusi nyata varietas unggul terhadap peningkatan produksi padi nasional antara lain tercermin dari pencapaian swasembada beras. 

Menurut Humas Badan Standar Instrumen Pertanian (BSIP) Padi Sukamandi, Subang, Idrus Hasmi, hal ini terkait dengan sifat-sifat yang dimiliki oleh varietas unggul padi, antara lain berdaya hasil tinggi, tahan terhadap cekaman biotik dan abiotik, umur genjah, dan rasa nasi enak. 

"Varietas unggul padi yang berdaya hasil tinggi merupakan salah satu inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian yang saat ini telah bertransformasi menjadi Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP)," ujarnya. 

Idrus menjelaskan, sampai saat ini ada 305 varietas unggul baru padi yang telah dilepas oleh BSIP, dua diantaranya yakni Inpari 48 Blas dan varietas Mantap adalah varietas yang digunakan pada kegiatan Demonstration Area (Dem Area) penanaman benih padi yang berlokasi di lahan PT Sang Hyang Seri (SHS) Sukamandi, Subang. 

"Pada tahun 2023, kedua benih varietas padi ini sudah tersebar sebanyak kurang lebih 20 ton ke berbagai provinsi produsen padi di Indonesia, diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Selatan dan DIY Yogyakarta," jelasnya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut