get app
inews
Aa
Read Next : Terapkan Teknologi 4.0, Dirut Pupuk Kujang Raih Penghargaan Best CEO di Anugerah BUMN 2024

Singgalang Sari Maju, Koperasi Binaan Pupuk Kujang di Subang Sukses Buka Lapangan Pekerjaan

Jum'at, 12 Mei 2023 | 19:25 WIB
header img
Pekerja di Koperasi Singgalang Sari Maju mengolah serat nanas menjadi kain. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id - Koperasi Singgalang Sari Maju di Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Subang, Jawa Barat menjadi salah satu Koperasi di Kabupaten Subang yang cukup berkembang. Koperasi yang memproduksi buah nanas berkualitas dan olahannya tersebut merupakan binaan dari Pupuk Kujang.

Pupuk Kujang terus berupaya membuat beragam program yang memberi banyak nilai manfaat untuk masyarakat. Diantaranya melalui pendampingan budidaya tanaman, hingga membuat produk turunan yang menambah nilai komoditas.

BACA JUGA : Sukses Amankan KTT Asean 2023, Inilah Peran dan Teknologi yang Digunakan Polri

Selain berhasil meningkatkan kualitas nanas, koperasi tersebut juga diarahkan untuk membuat berbagai produk olahan nanas, mulai dari olahan makanan berbahan nanas hingga produk non makanan seperti pupuk organik cair, silase hingga kain nanas. 

“Dengan unit usaha baru ini, mendorong kami membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar,” ujar Efrizal Ali, Ketua Koperasi Singgalang Sari Maju, Jumat, (12/5/23).

BACA JUGA : Timnas Voli Putri Indonesia ke Semifinal SEA Games 2023 Lawan Vietnam

Efrizal menambahkan, di tahun ini pihaknya telah merekrut 40-an orang tenaga kerja untuk menggerakkan beragam usaha di koperasi tersebut. Mulai dari petani di kebun nanas, orang yang memilah buah dan daun nanas, dan serangkaian proses lanjutan lainnya.

Untuk membuat kain nanas misalnya, setidaknya Efrizal telah merekrut 20 orang dari Desa Sarireja. 20 orang itu berbagi peran mulai dari mengolah daun nanas sebagai bahan baku, proses pencacahan daun nanas menjadi serat, mengoperasikan 2 mesin pintal untuk mengolah serat nanas menjadi benang dan sejumlah orang untuk mengoperasikan 5 mesin tenun dalam memproses benang menjadi kain.  

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut