get app
inews
Aa Read Next : 1150 Jemaah Calon Haji Subang Ikuti Bimbingan Manasik Haji di Gedung Islamic Center

Program Makmur Pupuk Kujang, Berhasil Tingkatkan Hasil Panen Padi Petani di Subang

Rabu, 24 April 2024 | 11:10 WIB
header img
Dirut Pupuk Kujang, Maryono saat panen raya di lahan petani Program Makmur di Subang, Jabar. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.idPupuk Kujang Cikampek terus melaksanakan Program Makmur untuk memberikan bantuan kepada petani. Sebagai bagian dari Pupuk Indonesia (Persero), Pupuk Kujang kembali membantu petani mengatasi kendala dan masalah mereka melalui program yang digagas oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. 

Di Desa Jatireja, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, para petani diberikan pendampingan untuk mencapai panen yang optimal dan melindungi tanaman dari serangan hama tikus. Pada musim tanam perdana tahun 2024, sebanyak 75 petani di Compreng mengambil bagian dalam Program Makmur. Selama periode ini, Pupuk Kujang mendampingi petani dalam praktik budi daya di lahan seluas 79 hektar.

“Panen yang dihasilkan mencapai rata-rata 9 ton gabah kering panen per hektare, dari sebelumnya 8 ton per hektare. Lokasi sawah peserta Program Makmur yang berada di irigasi kelas A membuat produktivitas petani kerap tinggi,” ujar Siswono, dari Tim Agronomis Pupuk Kujang, Rabu (24/4/2024). 

Tim agronomis Pupuk Kujang tidak hanya berhasil meningkatkan hasil panen, tetapi juga bekerja sama dengan warga dan perangkat desa setempat dalam upaya mengatasi serangan hama tikus di sawah. 

Ketika tanaman padi berumur 21 hari, serangan tikus terjadi, menyebabkan kerusakan pada sebagian area sawah. Sebanyak 30% dari area sawah yang dikelola oleh Tim Makmur mengalami kerusakan. Namun, melalui penerapan teknik pemupukan dan budidaya yang tepat, tanaman padi yang rusak berhasil pulih dan menghasilkan malai.

“Dengan berbagai upaya tersebut, serangan tikus secara umum bisa ditanggulangi,” kata Abin, Kepala Desa Jatireja. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut