get app
inews
Aa Read Next : Raih 2287 Suara, Sholehudin Menang di Pilkades Blanakan Subang

Lestarikan Kesenian Tradisional, Banyumas dan Subang Kolaborasi Pentaskan Tari Lengser dan Ronggeng

Minggu, 30 Oktober 2022 | 22:40 WIB
header img
Kolaborasi tari lengser Banyumas dan tari ronggeng Subang dipentaskan di Bukit Dewi Manggung Subang. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id - Kolaborasi Budaya Jawara Satria digelar di Desa Wisata Bukit Dewi Manggung, Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2022). Kolaborasi Budaya Jawara Satria mementaskan tarian lengger Banyumas dan tari ronggeng Subang sebagai warisan budaya yang terdaftar UNESCO. Sejumlah tarian lainnya juga ditampilkan. 

Pagelaran kolosal seni lengser khas Jawa Barat diperankan oleh 100 putra putri siswa sekolah mulai SD, madrasah, hingga SMA. Pagelaran seni lengser ini juga untuk melestarikan budaya lokal sebagai kekayaan budaya nasional.

BACA JUGA : Camping Ground Legok Gintung Subang, Suguhkan Air Terjun Berwarna Biru

"Transformasi budaya kepada generasi milenial ini dapat mengimbangi ancaman serbuan budaya asing yang semakin kuat," ungkap Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI, Guntur Subagja Mahardika. 

Lengser adalah tarian adat yang biasanya dipentaskan dalam penyambutan tamu agung. Lengser melibatkan seratus penari pasangan muda mudi bisa jadi gelaran lengser dengan penari terbanyak di Nusantara.

BACA JUGA : Summer Cafe, Suguhkan Suasana Pantai di Tengah Perkotaan Subang

Guntur menambahkan budaya bukan hanya kesenian, tapi berbagai aspek kehidupan masyarakat meliputi sosial, ekonomi, dan nasionalisme atau kebangsaan.

"Lengser milenial sebagai simbol bahwa generasi muda beradaptasi dengan perkembangan jaman tanpa menghilangkan akar budaya yang menjadi kearifan lokal," katanya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut