get app
inews
Aa Read Next : Kenalkan Sejarah Subang, Alumni Akademi AL Letting 91 Diajak ke Museum Wisma Karya

Disimpan di Museum Wisma Karya, Fosil Gajah Purba Berusia 1,2 Juta Tahun Ditemukan di Subang

Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:48 WIB
header img
Replika gajah purba berusia 1,2 juta tahun yang ditemukan di Subang. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNews.id - Jejak manusia dan hewan purbakala ditemukan juga di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat. Fosil gajah purba menjadi temuan dengan usia paling tua yaitu 1,2 juta tahun. Kini fosil tersebut terpajang di Museum Wisma Karya Subang.

Fosil stegodon (gajah purba) tersebut dipajang di Museum Wisma Karya Subang dengan menggambarkan bentuk aslinya yaitu membuat replika utuh hewan purbakala tersebut.

BACA JUGA : Jabong Festival Hidroponik & Holtikultura, Momen Regenerasi Petani di Subang

Menurut pengelola Museum Wisma Karya Subang, Adeug Perkasa Gantria, fosil stegodon tersebut ditemukan oleh warga pada tahun 2004 lalu di aliran Curug Cina Ranggawulung, Kecamatan Subang Kota.

"Memang awalnya untuk penemuan fosil hewan purba ini oleh masyarakat sekitar aliran Curug Cina Ranggawulung dan diyakini yang ditemukan itu tulang bagian angkle dari gajah stegodon," ujar Adeug belum lama ini.

BACA JUGA : Hasil Otopsi Ulang Diumumkan, Terungkap Penyebab Putuskan Dua Jari Brigadir J

Adeug menambahkan, fosil hewan purba stegodon yang ditemukan merupakan bagian tulang angkle. Saat ditemukan, fosil stegodon tertutup pada bebatuan yang keras.

"Ditemukan di bungkus dengan bebatuan yang sangat keras waktu itu. Setelah itu warga melaporkan kepada pihak terkait dan langsung ditindaklanjuti oleh pihak Pemerintah Kabupaten Subang terus langsung dibawa ke Balai Arkeologi Bandung untuk diteliti lebih lanjut," ucapnya.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut