Dinkes Subang Sosialisasi Pencegahan TBC di Lokasi TMMD Kodim 0605 Subang

Yudy Heryawan Juanda
Dinkes Subang menggelar sosialisasi bahaya TBC di lokasi TMMD Subang. (Foto: ist)

SUBANG, iNewsSubang.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang menggelar sosialisasi pencegahan penyakit Tubercolosis (TBC) di lokasi TMMD ke 115 Kodim 0605 Subang, Senin (24/10/2022). Sosialisasi tersebut diberikan kepada puluhan warga Desa Jalupang, Kecamatan Kalijati, Subang. 

Mutri salah satu warga mengaku cukup kaget saat mengikuti sosialisasi tersebut. Pasalnya ia baru mengetahui tentang bahayanya penyakit tersebut.

BACA JUGA : Satgas TMMD Subang Blusukan Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Warga Jalupang

“Saya kaget setelah mendengar paparan yang diberikan dokter tadi, ternyata penyakit TBC sangat membahayakan dan bisa nepa kepada yang lain,“ ujarnya. 

Sementara menurut Komandan Satgas TMMD Kodim 0605 Subang, Letkol Inf. Bambang Raditya, pembelajaran atau sosialisasi ini masuk ke program non fisik. Khususnya mengenai TBC agar peserta mampu memahami gejala, cara penularan, jenis pemerikasaan dan tatalaksana pasien dan lainnya.

BACA JUGA : Satgas TMMD Subang Kebut Perbaikan Puluhan Rumah Warga di Jalupang

“Yang jelas penyakit ini menular langsung disebabkan kuman dan bukan penyakit keturunan atau  kutukan. Tetapi dapat menyerang siapa saja, namun bisa disembuhkan,“ katanya.

Dr. Afty Masfiah petugas Puskesmas Kecamatan Kalijati dalam sosialisasi mengatakan penyakit TBC sebagian besar menyerang paru-paru (dapat menyerang tulang, kelenjar, kulit) dengan gejala pada orang dewasa seperti demam meriang, batuk berdahak, nyeri dada, berkeringat tanpa sebab, dan nafsu makan menurun. Gejala utama yang paling umum berupa berdahak atau tidak berdahak. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network