Hidupkan Kembali Siskamling, Polres Subang Gelar Lomba

Tim iNews.id
Kapolres Subang, AKBP Sumarni mengunjungi Pos Kamling di Desa Cinangsi. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNews.id - Kepolisian Resor Subang, Jawa Barat menggelar lomba Siskamling. Hal tersebut dilakukan guna kembali mengaktifkan sistem keamanan lingkungan atau siskamling di wilayah Kabupaten Subang. Pasalnya budaya Siskamling ini dinilai cukup efektif meningkatkan keamanan lingkungan di kampung-kampung.

Lomba Siskamling yang digelar pada moment HUT Bhayangkara ke-76 tahun ini, Polres Subang berharap dapat meningkatkan peran serta masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan secara mandiri.

BACA JUGA : Warga Bekasi Shock Tersesat di Kuburan di Subang saat Gunakan Google Maps

Menurut Kapolres Subang, AKBP Sumarni, lomba Siskamling ini juga sebagai upaya menggiatkan kembali pos kamling yang saat ini mulai ditinggalkan masyarakat. Lomba Siskamling ini diikuti seluruh pos kamling yang ada di wilayah hukum Polres Subang.

"Penilaian Siskamling dan aktivitas pos kamling dilakukan petugas kepolisian dari Polres Subang dengan tetap mengedepankan aktivitas dan peran serta warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing," ujar AKBP Sumarni, Jumat (17/6/2022).

BACA JUGA : Pemkab Subang Kembali Raih WTP, Bupati Ruhimat : Harus Jadi Budaya

AKBP Sumarni melanjutkan, dalam lomba Siskamling ini, petugas dari kepolisian akan menilai langsung ke lokasi pos kamling yang telah terdata pada malam hari.

"Beberapa kriteria dilakukan untuk penilaian pos kamling ini, seperti kebersihan, kerapian, kelengkapan alat bantu pos jaga dan yang terpenting kesiapsiagaan anggota Siskamling yang berjaga," katanya.

Kepala Desa Cinangsi, Pepe, menyambut baik lomba Siskamling yang digelar polres subang ini. Pasalnya masyarakat bisa kembali aktif jaga di pos kamling, terlebih angka tindak kejahatan saat ini juga meningkat.

BACA JUGA : Mantan Anggota Geng Motor dan Santri di Subang Mendapat Pelatih Barista dari Polres Subang

"Saat ini kejahatan cukup meningkat, jadi dengan adanya lomba ini masyarakat lebih bersemangat mengaktifkan kembali pos kamling, loma yang sangat bagus dan kita dukung," imbuh Pepe.

Dengan menggiatkan kembali Siskamling ini juga masyarakat secara tidak langsung bisa tetap mempertahankan budaya lokal namun bermanfaat yang harus tetap ada dimana sekarang ini hilang tergerus zaman moderen.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network