get app
inews
Aa Text
Read Next : Tingkatkan Pelayanan Kesehatan yang Merata, Pembangunan RSUD di Pantura Dimulai Tahun 2028

Lonjakan Pasien Deman dan Muntaber di Subang, RSUD Gunakan Ruang Tunggu dan Lobi IGD untuk Perawatan

Jum'at, 19 Desember 2025 | 12:50 WIB
header img
Lonjakan Pasien Deman dan Muntaber di Subang, RSUD Gunakan Ruang Tunggu dan Lobi IGD untuk Perawatan Sementara. Foto: Yudy H Juanda/ iNswsSubang.id

SUBANG, iNewsSubang.id — Gelombang pasien dengan keluhan demam dan muntaber yang meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Subang harus bekerja di luar kapasitas normal. Tekanan layanan pun tak terhindarkan. Namun di tengah situasi darurat tersebut, manajemen RSUD Subang memastikan roda pelayanan kesehatan tetap berjalan dengan cepat, aman, dan manusiawi.

Dalam kurun empat hari terakhir, Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Subang yang idealnya menampung 40 pasien, sempat dipenuhi lebih dari 100 pasien dalam satu waktu. Kondisi ini memaksa rumah sakit mengambil langkah tidak biasa dengan mengalihfungsikan sejumlah area, mulai dari ruang tunggu keluarga hingga lobi IGD, menjadi ruang perawatan sementara.

Pantauan di lokasi memperlihatkan tempat tidur berjajar di ruang tunggu keluarga pasien. Bahkan, lobi IGD pun disulap menjadi area perawatan demi menampung pasien yang terus berdatangan. Kebijakan darurat ini diambil agar tidak ada pasien yang terabaikan akibat keterbatasan ruang.

Direktur RSUD Subang, dr. Achmad Nasuhi, mengungkapkan bahwa lonjakan pasien didominasi keluhan demam, muntah dan berak, serta batuk. Menurutnya, situasi ini mengingatkan pada masa-masa berat saat pandemi Covid-19 lalu.

“Sebetulnya dari Januari sudah melebihi kapasitas 40 pasien. Tapi puncaknya empat hari terakhir ini, jumlahnya sampai 134 orang. Hari ini sampai jam 11.00 WIB saja sudah ada 113 pasien yang kami layani,” ujar dr. Ahmad, Kamis (26/12/2025).

Di tengah tekanan akibat membludaknya pasien, RSUD Subang tetap menegaskan komitmennya untuk mengutamakan pelayanan, khususnya bagi pasien dengan kondisi gawat darurat.

“Yang terpenting, seluruh kasus emergency pasti kami prioritaskan. Semua kekhawatiran pasien akan kami tangani sebaik mungkin, dengan fokus utama pada penanganan kegawatdaruratan,” tegasnya.

Sebagai langkah tanggap darurat, RSUD Subang menambah kapasitas tempat tidur dan memperkuat dukungan fasilitas dengan menggandeng berbagai instansi. Upaya ini dilakukan agar pelayanan tetap optimal meski ruang perawatan sangat terbatas.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut