get app
inews
Aa Read Next : Bawa Rombongan Pejabat ke Solo & Yogya, Raja LAK Galuh Pakuan Minta Mendagri Copot Pj Bupati Subang

Bahsul Masail Kubro, LBM PWNU Jabar dan LAK Galuh Pakuan Bahas Polemik DKJ dan Segitiga Rebana

Senin, 22 April 2024 | 12:49 WIB
header img
Polemik DKJ dan Segitiga Rebana dalam Bahsul Masail Kubro PWNU Jabar bareng Galuh Pakuan. (Istimewa)

Dalam konteks acara Mahtsul Masail Raja Galuh Pakuan mendatang, Zainal Mufid menekankan pentingnya kesepakatan dari seluruh Kiai dan Ketua Adat se-Jawa Barat untuk menjaga kelestarian seni, budaya, adat istiadat, dan agama dari dampak perkembangan sosial yang mungkin terjadi akibat hadirnya segitiga rebana di masa depan.

"Kita, para Kiai dan Ketua Adat se-Jawa Barat, sama-sama menyamakan persepsi, dan menjaga senibdan budaya serta keteguhan agama dari warga Jawa Barat," terangnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Raja LAK Galuh Pakuan, Rahyang Mandalajati Evi Silviadi Sanggabuana, atas inisiasi dan fasilitasi dalam acara Bahtsul Masail ini. Hal tersebut telah membuka mata dan hati para Kiai dan Ketua Adat se-Jawa Barat, membawa mereka ke arah yang sebelumnya tidak terpikirkan.

"Terima kasih saya sampaikan kepada Raja LAK Galuh Pakuan, yang sudah mmebuka mata hati kami semua, sehingga kami faham apa yang harus kami lakukan dan kami antisipasi, agar tidak merusaka tatanan Ki Sunda dan generasinya nanti," tutur Zainal Mufid.

Zainal juga menyampaikan pesan kepada seluruh elemen masyarakat Jawa Batat, untuk bersama-sama mengontrol pemerintah, dalam pengembangan industri di wilayah segitiga rebana, agar tidak merugikan masyarakat. 

"Ayo kita bersama-sama melakukan kontrol terhadap pemerintah, dalam pemgembangan industri di segitiga rebana nanti, agar tidak merugikan kita masyarakat Jawa Barat, karena tidak cukup oleh kami para Kiai dan juga para tokoh Adat, tetapi peran masyarakat Jawa Barat yang kritis terhadap kepentingan masyarakat umum, khususnya masyarakat Jawa Barat," pungkasnya.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut