get app
inews
Aa Read Next : KSAD dan Pangkostrad Panen Raya Padi di Lahan Ketahanan Pangan Kostrad Subang

Jaga Ketahanan Pangan Nasional, Pangkostrad Tanam Perdana Padi Seluas 15 Ha di Subang

Kamis, 04 Januari 2024 | 15:01 WIB
header img
Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Salef Mustafa tanam perdana padi di Subang. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNewsSubang.id - Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa, dan Penjabat (Pj) Bupati Subang, Imran, mengadakan gerakan nasional ketahanan pangan dengan menanam perdana budi daya padi di lahan ketahanan pangan Kostrad, di Desa Sukamandi, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (4/1/2024).

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meresmikan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (GNKP) di Cibitung, Bekasi, pada 3 November 2023. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kementerian Pertanian, dan Badan Pangan Nasional.

Program ketahanan pangan merupakan solusi untuk mengatasi tantangan pangan di tingkat global. Sebagai negara dengan sumber daya tanah yang melimpah, Wakil Presiden ingin mencegah Indonesia dari krisis pangan.

Menurut Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa, program ketahanan pangan Kostrad telah diimplementasikan dan berlangsung di beberapa daerah, termasuk di Bogor, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, dan Pangandaran. Lahan yang dikelola melibatkan milik Kostrad serta kerja sama dengan Pemda, Swasta, dan Stakeholder lain yang memiliki kepedulian terhadap kedaulatan pangan di negara kita.

“Agar program ketahanan pangan terus berkelanjutan sebagai upaya membantu Pemerintah untuk menjamin ketersediaan pangan nasional, maka pada hari ini kita baru saja melaksanakan penanaman padi secara simbolis di lahan ketahanan pangan Kostrad di Desa Sukamandi, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang,” ujarnya. 

“Saya berharap, semoga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat, khususnya yang berada di daerah ketahanan pangan Kostrad,” tambah Pangkostrad.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut