get app
inews
Aa
Read Next : Program Makmur Pupuk Kujang, Berhasil Tingkatkan Hasil Panen Padi Petani di Subang

Ketahanan Pangan Kostrad Sukses Tingkatkan Produksi Padi, KASAD dan Pangkostrad Panen Raya di Subang

Kamis, 18 April 2024 | 15:14 WIB
header img
KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak panen padi di Subang. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNewsSubang.id - Komando Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD) turut berperan dalam mendukung program ketahanan pangan TNI AD dengan mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo dan arahan dari Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Salah satu langkah nyata dalam program ini adalah panen raya padi yang dilakukan oleh Kasad dan Pangkostrad bersama-sama dengan Pejabat Bupati Subang di lahan ketahanan pangan KOSTRAD di Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (18/4/2024). 

Hasil panen tersebut bahkan berhasil melampaui target yang ditetapkan, mencapai 8 ton perhektar dibandingkan dengan target sebelumnya sebesar 7,5 ton perhektar. Dalam pelaksanaannya, KASAD dan PANGKOSTRAD secara langsung terlibat dalam proses panen dengan menggunakan alat Combine. 

KASAD menegaskan bahwa program ini merupakan bagian dari komitmen TNI AD untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian pangan, sesuai dengan perintah Presiden RI.

"Kegiatan Panen raya padi ini merupakan wujud nyata dari prajurit TNI AD dalam mengelola lahan-lahan pertanian di wilayah. Jajaran TNI AD bekerja sama dengan seluruh stakeholder di wilayah untuk mensukseskan program pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya krisis pangan," ujar Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

“Terkait pemanfaatan lahan tidur, seluruh jajaran TNI AD telah melakukan upaya untuk mengoptimalkan dan menghidupkan lahan kosong untuk di tamani dengan berbagai tanaman pangan dan hasilnya harus dapat dirasakan oleh prajurit dan masyarakat sekitar,” sambungnya. 

Program yang dicanangkan oleh TNI Angkatan Darat (AD) juga bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan yang digagas oleh pemerintah pusat.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut