get app
inews
Aa Read Next : Kenalkan Produk, PT SIL Ajak Media di Subang untuk Berkolaborasi

Mitos dan Sejarah Papais Cisaat, Dulu Dilarang Dijual Kini Jadi Oleh-Oleh Khas Subang

Senin, 27 Februari 2023 | 11:09 WIB
header img
Papais Cisaat oleh-oleh khas Kabupaten Subang. (Foto: Yudy H Juanda)

Aep menuturkan, Papais Cisaat juga memiliki mitos yang cukup kental di tengah masyarakat. Para pendahulu dari Desa Cisaat saat itu melarang untuk memperjual belikan Papais Cisaat ke pasar-pasar. Sesepuh dahulu menilai bahwa Papais Cisaat merupakan makanan kesukaan dari bangsawan atau orang terpandang saat itu.

"Sesepuh dulu itu melarang untuk menjual makanan ini (papais) dijual ke pasar, karena makanan kesukaan para tokoh atau petinggi-petinggi, soalnya kalau sampai dijual dinilai tidak menghargai, soalnya kan dulu mah ada tingkatan makanan rakyat biasa sama petinggi itu beda," jelasnya.

BACA JUGA : Berjualan 50 Tahun Lebih, Pedagang Sate dan Ketan Bakar di Sagalaherang Subang Generasi Kedua

Bahkan dalam mitos tersebut, Aep menuturkan jika masyarakat melanggar akan terjadi sesuatu yang membahayakan bagi yang menjualnya. Akhirnya, sebagian masyarakat yang berada di Desa Cisaat masih mempercayai akan mitos tersebut.

"Hampir semuanya sampai sekarang tidak ada yang berani menjual ya karena itu ada mitosnya kalau berani menjual suka ada apalah tapi tidak disebutkan apa yang akan terjadi kedepannya bisa dibilang pamali. Kalau yang melanggar ada saja gangguan gangguan yang diterima," pungkasnya.

BACA JUGA : Segar dan Nikmat, Pecinta Eskrim Wajib Cicipi Eskrim Kelapa Muda di Subang

Kini seiring berjalannya waktu, Papais Cisaat menjadi salah satu oleh-oleh dari Kabupaten Subang. Rasanya yang manis, enak dan harganya yang terjangkau membuat Papais Cisaat diburu wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Subang. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut