get app
inews
Aa Read Next : Dandim 0605 Subang Resmi Diganti, Kini Dijabat Letkol Inf Achmad Zaki

Warga di Lokasi TMMD Kodim 0605 Subang Dapat Penyuluhan Strategi Budidaya Sawah dengan Cara PTT

Senin, 31 Oktober 2022 | 19:03 WIB
header img
UPTD Dinas Pertanian memberikan penyuluhan tentang strategi budidaya sawah dengan cara PTT. (Foto: Ist)

SUBANG, iNewsSubang.id - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Kodim 0605 Subang kembali memberikan bekal strategi budidaya sawah dengan cara Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) kepada masyarakat Desa Jalupang, Kecamatan Kalijati,Subang. Penyuluhan tersebut bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Subang di aula Kantor Desa Jalupang, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Senin (31/10/2022).

Penyuluhan ini diberikan langsung oleh perwakilan UPTD Pertanian Subang, Novika Rukmi dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kalijati Istinan Yang Suzatmika.

BACA JUGA : Aksi Satgas TMMD Subang Bantu Seorang Nenek Mencari Kayu Bakar di Jalupang

Menurut Istinan, pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) merupakan pengembangan dari konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yang sudah lebih dulu dikembangkan. 

Pendekatan PTT memfokuskan pada tanaman dan pengelolaan kesehatan tanaman, yang merupakan suatu sistem budidaya tanaman dan pengendalian hama penyakit yang terintegrasi, untuk mencapai hasil dan mutu panen yang optimal, keuntungan yang maksimal serta terjaminnya keseimbangan agroekosistem yang berkelanjutan.

BACA JUGA : Kerja Target Pengerjaan, Satgas TMMD Subang Terus Kebut Perbaikan Rutilahu di Akhir Pekan

"Adapun komponen teknologi utama PTT yang harus harus disiapkan VUB (Varietas Unggul Baru, Benih Bermutu, Penggunaan bahan organik (pupuk kandang/kompos jerami) 2 ton/ha. Pemupukan, pemberian nitrogen berdasarkan pembacaan bagan warna daun, pemberian pupuk P dan K berdasarkan analisis tanah atau status hara P dan K," ujarnya.

Isyinan menambahkan, Pengendalian hama Penyakit terpadu, dan panen dan pasca panen, Penanaman bibit muda (15-21 hari setelah sebar) (1 bibit/rumpun), dan tanam dengan Pola Jajar Legowo 2 atau Tegel. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut