Budidaya Cabai Hidroponik, Solusi untuk Atasi Mahalnya Harga Cabai

Yudy Heryawan Juanda
.
Sabtu, 10 September 2022 | 18:42 WIB
Petani hidroponik di Jabong Hidro Farm memberikan pemahaman kepada pengunjung. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNews.id - Budidaya hidroponik tidak hanya bisa dilakukan untuk tanaman sayuran saja. Kini tanaman cabai pun bisa ditanam dengan cara hidroponik.

Seperti yang dilakukan oleh Kiki M Iqbal, petani hidroponik di Desa Jabong, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Harga cabai yang baginya tidak berpengaruh baginya karena tinggal memetik di halaman rumahnya.

BACA JUGA : 17 Kota Terpanas di Indonesia, Panasnya Bisa Samai Rekor Suhu di Gurun Sahara

Menurut Kiki, berbeda dengan budidaya sayuran hidroponik, untuk budidaya cabai menggunakan hidroponik sistem fertigasi. Tidak menggunakan media air seperti biasanya, sistem hidroponik fertigasi yaitu menggunakan serabut kelapa untuk medianya dan digantung.

"Budidaya cabai hidroponik sistem fertigasi ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh Jabong Hidro Farm, bahkan selain tidak memerlukan lahan yang luas, pertumbuhan cabai hidroponik juga hanya memerlukan waktu yang singkat, tidak dipengaruhi musim dan hasil panen yang meningkat." ujar Kiki kepada iNewsSubang.id, Sabtu (10/9/2022).

BACA JUGA : Polsek Blanakan Bagikan Sembako ke Tukang Ojek dan Nelayan

Bahkan kini dengan semakin mahalnya harga cabai, kebun hidroponik milik Kiki sering dikunjungi oleh ibu-ibu. Mereka ingin belajar cara budidaya hidroponik agar bisa dilakukan di rumahnya dan tidak terpengaruh oleh harga cabai dan sayuran yang kini mahal.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini