Atasi Krisis Iklim dan Dorong Ekonomi Pesisir, DAHANA Tanam Mangrove dan Kelapa di Legonkulon

Tim iNews.id
Dahana tanam pohon mangrove dan kelapa di pesisir Legonkulon Subang. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNews.id - Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT DAHANA melaksanakan aksi penanaman pohon mangrove dan pohon kelapa di Legonkulon, Subang, Jawa Barat, Kamis, (3/10/2024). Aksi tersebut sebagai bagian dari upaya mengatasi krisis iklim serta mendukung pencapaian Tujuan Program Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) pada pilar Ekonomi Sirkular. 

Pjs. Sekretaris Perusahaan PT DAHANA, Erwin Cipta Mulyana, menyatakan bahwa perusahaan berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Dia mengungkapkan harapannya agar penanaman mangrove dan kelapa dapat membantu mengatasi krisis iklim, memperbaiki kerusakan lingkungan, serta meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir di Pantai Utara Subang.

"Pohon mangrove dan kelapa tidak hanya baik untuk lingkungan, namun dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat pesisir. Dengan pohon mangrove, ekosistem pantai akan pulih dan menjadi tempat bersarangnya ikan, udang, hingga kerang yang bisa menambah pendapatan nelayan lokal," kata Erwin.

Kegiatan ini juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yaitu Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon di Lahan Kritis di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Mangrove memiliki peran penting dalam mencegah abrasi dan menjadi benteng alami bagi masyarakat pesisir, serta berkontribusi dalam penyerapan karbon guna mengatasi masalah polusi.

Hutan mangrove juga memiliki potensi sebagai lokasi ekowisata, yang dapat membuka lapangan kerja serta mendukung perputaran roda ekonomi masyarakat. PT DAHANA berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan semua potensi ekonomi yang dimiliki oleh tanaman mangrove yang ditanam.

"Kami berharap, seluruh potensi ekonomi yang ada dalam tanaman mangrove dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat pesisir Pantai Utara Subang, terutama di Desa Legonwetan. Kami juga berharap DAHANA terus maju dan berkembang, sehingga semakin banyak kegiatan dan masyarakat yang mendapatkan manfaat," tambah Erwin.

Acara penanaman mangrove dan pohon kelapa ini turut dihadiri oleh Millennial DAHANA, Kepala CDK II Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kepolisian Sektor Legonwetan, Babinsa Legonwetan, Kepala Desa Legonwetan, perwakilan dari Sekolah MI Al-Huda, serta Organisasi Fab Lab City Global.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network