Semangat Nelayan Subang Kembali Hidup Usai Dapat Kredit Mesin Bergulir dari PHE ONWJ

Yudy Heryawan Juanda
Ratim, nelayan Desa Rawameneng Subang memanaskan mesin kapal dari program Kredit Mesin Bergulir PHE ONWJ. (Foto: Yudy H Juanda)

"Kebutuhan keluarga sekarang lebih mudah terpenuhi. Kami bisa menangkap lebih banyak ikan, dan itu berarti pendapatan kami juga lebih baik. Mesin ini benar-benar membawa perubahan besar bagi kami," imbuh Samin.

Menurut Ketua KUD Mina Karya Baru Rawameneng, Ono Taryono, program ini dimulai sejak tahun 2022. Awalnya hanya 10 mesin, tapi kini telah membantu 14 nelayan dalam memperoleh mesin kapal baru tanpa harus terbebani bunga.

"Alhamdulillah sangat membantu kepada nelayan kami. Kini sudah 14 nelayan yang mendapatkan program kredit mesin bergulir," jelasnya.

Ono juga menambahkan bahwa program ini sangat meringankan para nelayan yang sebelumnya kesulitan membeli mesin kapal baru karena harganya yang mahal. 

"Jadi nelayan yang diberikan mesin kapal dan dibayar dicicik tanpa bunga. Karena dari segi biaya cukup mahal kalau beli mesin sendiri. Kita mengajukan ke Pertamina alhamdulillah direalisasi," katanya.

Dengan mesin baru yang lebih handal, para nelayan kini bisa lebih optimal dalam melaut, meskipun dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Hasil tangkapan mereka pun meningkat secara signifikan, dengan pendapatan harian yang kini berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp400 ribu.

"Para nelayan sekali melaut bisa mendapatkan Rp200 ribu hingga Rp400 ribu. Nelayan disini memang kapalnya kecil dan tidak terlalu jauh melautnya," ucapnya.

Meskipun demikian, pembayaran cicilan mesin tetap disesuaikan dengan kondisi para nelayan. Program ini tidak memaksa mereka untuk membayar saat hasil tangkapan tidak mencukupi, sehingga para nelayan tetap merasa terbantu dan tidak terbebani.


Samin, nelayan Desa Rawameneng, Subang membersihkan mesin kapal dari program kredit mesin bergulir PHE ONWJ. (Foto: Yudy H Juanda)


Editor : Yudy Heryawan Juanda

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network