Semangat Nelayan Subang Kembali Hidup Usai Dapat Kredit Mesin Bergulir dari PHE ONWJ

Yudy Heryawan Juanda
Ratim, nelayan Desa Rawameneng Subang memanaskan mesin kapal dari program Kredit Mesin Bergulir PHE ONWJ. (Foto: Yudy H Juanda)

"Target memang satu tahun lunas, sehubungan tadi hasil tangkap tidak menentu dan nelayan membayar ketika hasil tangkap bagus jadi kita tidak dipaksakan," imbuh Ono.

Sementara itu, Communication, Relations, Community Involvement Development PHE ONWJ, Iman Teguh, menjelaskan bahwa tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan ekonomi para nelayan dengan memberikan mesin kapal yang lebih baik, sehingga hasil tangkapan bisa lebih maksimal.

"Tujuan dari program ini untuk meningkatkan ekonomi nelayan secara tidak langsung, karena kami melihat nelayan dengan ekonomi yang cukup sulit terus dengan mesin yang lama kemampuan tangkapan akan mempengaruhi," tuturnya.

Program ini dirancang untuk menggantikan mesin-mesin kapal yang sudah usang dengan yang lebih baru dan berperforma tinggi. Hal ini diharapkan dapat mengurangi biaya perawatan mesin serta meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

"Program ini untuk mengganti mesin-mesin kapal yang sudah lama, dengan performa yang kurang baik menjadi lebih baik. Jadi nelayan meminimalisir maintenance mesin dan meningkatkan peforma tangkapan nelayan," ungkap Iman.

Iman juga berharap agar konsep kredit bergulir ini bisa mengubah pola pikir nelayan yang sebelumnya terbiasa dengan bantuan cuma-cuma. Dengan adanya tanggung jawab pengembalian tanpa bunga, diharapkan para nelayan dapat lebih mandiri dan bertanggung jawab.

"Kami harapkan konsep bergulir ini mengurangi mindset nelayan pemberian secara cuma-cuma. Mereka punya tanggung jawab untuk pengembalian dengan tidak berbunga, tidak memberatkan kepada nelayan, pengembalian dipotong ketika nelayan mendapatkan tangkapan. Ketika mereka tidak mendapat tangkapan atau tidak melaut itu tidak mendapat potongan," jelasnya.

Dengan adanya program ini, diharapkan kesejahteraan para nelayan di Desa Rawameneng dapat meningkat, sehingga mereka bisa terus melaut dengan tenang dan optimal. Program ini menjadi bukti nyata upaya Pertamina ONWJ dalam mendukung ekonomi masyarakat pesisir.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network