get app
inews
Aa Read Next : Raih 2287 Suara, Sholehudin Menang di Pilkades Blanakan Subang

Asal Usul Nama Desa Siluman di Subang, Tempat Persembunyian Para Pejuang Kemerdekaan

Minggu, 20 Maret 2022 | 11:14 WIB
header img
Desa Siluman di Kabupaten Subang. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNews.id - Kabupaten Subang, Jawa Barat memiliki sebuah Desa Siluman. Namun Desa tersebut bukan dihuni oleh para siluman melainkan sebuah Desa yang memang memiliki nama Siluman.

Desa Siluman berada di Kecamatan Pabuaran, Subang dengan jumlah warga sebanyak 7320 jiwa. Desa Siluman terletak di sebelah barat sekitar 51 kilometer dari pusat kota Kabupaten Subang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Purwakarta.

BACA JUGA : 5 Bisnis di Tahun 2022 yang Cukup Menjanjikan, No 4 Tanpa Modal

Menurut Kepala Desa Siluman, Warman, Desa Siluman berdiri pada tahun 1908. Namun pihaknya tidak memiliki bukti pendirian desa tersebut karena baru cerita turun temurun dari orang tua.

"Siluman adalah desa yang berdiri pada tahun 1908, tidak ada bukti otentik pada pendirian Desa Siluman, baru cerita turun temurun dari orang tua," ujarnya.


Kepala Desa Siluman, Warman (Foto: Yudy H Juanda)

Warman menjelaskan, nama Siluman sendiri diambil dari nama sebuah kali kecil di daerahnya yaitu Cisiluman. Dulu, kali Cisiluman menjadi tempat pelarian dan persembunyian para pejuang pada jaman penjajahan Belanda. Untuk mengenang sejarah, akhirnya daerah ini dinamai Desa Siluman.

BACA JUGA : Antisipasi Kelangkaan, Menko Airlangga Sediakan 200.000 Ton Minyak Goreng Curah Perbulan

"Dulu ada kali yang namanya Cisiluman, yang kebetulan sekarang sudah dimekarkan menjadi wilayah Desa Kadawung, setiap pejuang yang bersembunyi di kali itu tidak pernah ditemukan oleh penjajah," kata Warman.

Terlepas dari cerita dan sejarah panjangnya, nama Desa Siluman memang unik dan mengundang penasaran. Namun yang pasti, Desa Siluman bukan sebuah desa yang dihuni para siluman apalagi berada di negeri Siluman.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut