get app
inews
Aa Read Next : Vila Bambu di Jalancagak Subang Ludes Dilalap Si Jago Merah

Akibatkan ISPA, Warga Jalancagak Subang Tuntut PT Seneca Indonesia Berhenti Beroperasi

Selasa, 29 Agustus 2023 | 20:39 WIB
header img
Puluhan warga Jalancagak, Subang protes atas polusi udara yang dihasilkan oleh PT Seneca Indonesia. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id - Puluhan warga Kampung Sukaresmi, Desa Bunihayu, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat lakukan protes terhadap perusahaan gilingan batu dan mix aspal PT Seneca Indonesia yg berjarak tidak jauh dari pemukiman warga, di Bale Kampung Sukaresmi, Senin (28/8/2023) malam. Hal tersebut dilakukan akibat perkampungan mereka terdampak polusi udara dan debu yang cukup tebal.

Akibat polusi udara tersebut, aktivitas warga terganggu, apalagi dipagi hari. Bahkan debu tersebut setiap hari mengotori lantai dan beberapa bagian rumah warga. 

Menurut salah satu warga, Jajang, pihak warga meminta perusahaan untuk berhenti beroperasi sampai bisa menangani permasalahan polusi udara yang ditimbulkan oleh pabrik PT Seneca Indonesia. 

"Permintaan kepada perusahaan dari kami yang pertama itu harus melakukan tindakan membersihkan polusi dari limbah atau debu yang dihasilkan oleh pabrik tersebut. Sebelum itu teratasi, kami meminta untuk perusahaan tidak beroperasi terlebih dahulu," ujarnya. 

Jajang menambahkan, akibat debu dan polusi udara tersebut beberapa warganya mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Rumah warga pun setiap harunya kotor oleh debu meskipun sering dibersihkan. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut