get app
inews
Aa Read Next : Alokasi dan Jenis Ditambah, Pupuk Kujang Genjot Produksi Pupuk Subsidi

Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca, Pupuk Kujang Gunakan PLTS Atap untuk Sumber Listrik Kantor

Selasa, 15 Agustus 2023 | 17:20 WIB
header img
Panel surya di atap gedung pusat administrasi Pupuk Kujang. (Foto: Istimewa)

KARAWANG, iNewsSubang.id – Anak usaha Pupuk Indonesia (Persero), Pupuk Kujang, terus meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di lingkungan kerjanya. Saat ini, mereka telah mulai menggunakan pembangkit listrik tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Menurut VP Pengembangan Pupuk Kujang, Iswahyudi Mertosonk, sebanyak 242 panel surya telah dipasang di atap gedung administrasi Pupuk Kujang. Panel-panel itu menghasilkan listrik sebanyak 133 kWp. 

“Listrik yang dihasilkan mampu menyuplai sepertiga kebutuhan listrik di gedung pusat administrasi Pupuk Kujang. PLTS atap tersebut, menggunakan konfigurasi on-grid dengan sistem kelistrikan Pupuk Kujang,” ujar Iswahyudi, Selasa (15/8/2023). 

Pupuk Kujang telah menyiapkan perangkat monitoring untuk mengawasi daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya di atap kantor. Perangkat ini memberikan informasi aktual tentang produksi energi dari panel surya, konsumsi listrik kantor secara real-time, besaran energi yang dihasilkan oleh PLTS, serta pengurangan biaya listrik dan dampak pengurangan gas rumah kaca yang dicapai oleh Pupuk Kujang.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut