get app
inews
Aa Read Next : Soal Pencalonan Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Jangankan Maju, Mundur Saja Siap

Ki Kaga Rasa Milik Dedi Mulyadi Dilepas ke Istana Negara dengan Upacara Adat

Kamis, 10 Agustus 2023 | 23:11 WIB
header img
Kereta kencana Ki Jaga Rasa diiringi menuju truk TNI AD untuk dibawa ke istana negara. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNewsSubang.id - Penampilan kesenian tari tradisional khas sunda menjadi pembuka dalam upacara adat pelepasan kereta kencana Ki Jaga Rasa ke istana negara, Kamis (10/8/2023) malam. Upacara adat tersebut di gelar di halaman Bale Pamanahan Rasa, Lembur Pakuan, Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. 

Kereta kencana Ki Jaga Rasa ini sudah keempat kalinya digunakan negara untuk membawa duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi saat kirab upacara hari kemerdekaan. Pada tahun 2023 ini kereta kencana yang dibuat pada tahun 2008 dua ini kembali digunakan oleh Presiden Jokowi. 

Sebelum diberangkatkan ke istana negara, Dedi Mulyadi sebagai pemilik kereta kencana Ki Jaga Rasa melakukan upacara adat. Selain menampilkan kesenian tari tradisional dan musik gamelan, pelepasan Ki Jaga Rasa ke istana negara juga disaksikan ratusan warga. 

Menurut Dedi Mulyadi yang juga anggota DPR RI, kereta kencana Ki Jaga Rasa merupakan simbol dari pemimpin yang menjaga, melindungi,dan mengayomi masyarakat dengan penuh rasa. Dedi Mulyadi merasa bangga kereta kencananya tersebut kembali dipilih Presiden Jokowi untuk digunakan dalam kirab HUT Kemerdekaan RI. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut