Penangkaran Rusa Lembah Paniisan di Subang, Jaga Habitat Rusa Timor dari Kepunahan

Yudy Heryawan Juanda
.
Senin, 12 September 2022 | 17:36 WIB
Pengelola penangkaran Rusa Lembah Paniisian memberi makan rusa. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNews.id - Rusa timor hewan asli indonesia kini keberadaannya nyaris punah. Untuk menjaga habitatnya, seorang warga membuat penangkaran rusa timor. Meskipun dengan biaya sendiri dan tidak sedikit, namun kecintaanya terhadap rusa kini membuat jumlah rusa di penangkarannya meningkat cukup banyak.

Penangkaran Rusa Lembah Paniisan di Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang ini merupakan penangkaran rusa pribadi satu-satunya di tanah air yang resmi terdaftar di pemerintah. Kecintaanya terhadap rusa, membuat seorang warga ini tak segan mengeluarkan biaya tinggi untuk mengembang biakan rusa Timor.

BACA JUGA : Unik, Pisang Seribu Buah Sepanjang 2 Meter Gegerkan Warga Pantura Subang

Rusa timor merupakan hewan asli Indonesia yang keberadaannya nyaris punah. Apalagi di hutan pulau Jawa mungkin sudah tidak ditemukan keberadaan rusa timor ini.

Menurut pengelola Penangkaran Rusa yang juga adik dari pemiliknya, Ocad Rosadi, menyebut penangkaran ini dibuat atas dasar kecintaan terhadap binatang Rusa. Dari situ akhirnya berdirilah Penangkaran Rusa Lembah Paniisian ini.

BACA JUGA : Truk Tangki LPG Pertamina Terbakar dan Nyaris Meledak di Jalur Pantura Subang

"Awal mula seneng rusa dari hobi, lalu ada keinginan untuk melestarikan, dibuatlah penangkaran ini supaya habitatnya semakin banyak, karena kalau tidak dilestarikan mungkin anak cucu kita tidak dapat melihat rusa timor ini," ujarnya kepada iNewsSubang.id, Minggu (11/9/2022).

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini