Kampanye Cagub Jeje Wiradinata Diwarnai Sawer Uang, Ini Kata Bawaslu Subang

Tim iNews.id
Kampanye Cagub Jeje Wiradinata di Subang diwarnai aksi sawer uang. (Foto : IStimewa)

SUBANG, iNews.id - Kampanye calon Gubernur Jawa Barat, Jeje Wiradinata di  Serangpanjang, Subang, Jawa Barat pada Jumat (27/9/2024) diwarnai oleh aksi pembagian uang.

Ratusan warga beramai-ramai berebut uang kertas yang dilemparkan oleh sekelompok orang dari atas sisingannya, saat acara kampanye calon Gubernur nomor urut dua, Jeje Wiradinata, di Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang.

Masyarakat yang antusias mengikuti acara tersebut mengaku senang bisa mendapatkan sedikit uang untuk jajan. Namun, terkait dugaan pelanggaran kampanye, Bawaslu Subang masih dalam proses penyelidikan.

Warga mengaku bahagia mendapatkan uang dari hasil saweran dari para sekelompok orang yang mendampingi Cagub Jabar tersebut.

"Saya mendapat sembilan ribu rupiah, dari saweran, alhamdulillah bahagia juga sih," kata salah seorang warga setempat, Eha.

Dari pantauan iNews Subang, aksi saweran uang tersebut terjadi saat Cagub Jeje dan para pengurus DPC dan DPD PDIP diarak Sisingaan. Terlihat Ketua DPC PDIP, Kosim, dan anggota DPRD Jabar, Ineu Purwadei Sundari menyawer uang kepada warga. sontak ratusan warga yang berkumpul langsung berebutan uang tersebut.

Bawaslu menekankan bahwa mereka telah berupaya maksimal untuk melakukan sosialisasi agar semua pihak mematuhi aturan pemilu. Hingga kini, mereka belum dapat memastikan apakah pembagian uang tersebut melanggar ketentuan, tetapi akan melakukan tindak lanjut yang diperlukan.

"Kami akan melakukan penyidikan terkait hal tersebut, apakah nanti itu termasuk pelanggaran atau bukan, yang pastinya sebelumnya pihak Bawaslu sendiri telah melakukan sosialisasi terhadap pelanggaran kepada para calon dan pihak terkait," kata Koordinator Divisi Penanganan, Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Subang, Gamal Putu Manggala.



Editor : Yudy Heryawan Juanda

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network