PKU Akbar 2023, Tingkatkan Kesejahteraan UMKM Nasabah PNM Subang

Yudy Heryawan Juanda
PNM Subang gelar PKU Akbar 2023 di GOR Gotong Royong Subang. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNewsSubang.id - Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Subang menggelar kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar 2023 dengan tema "UMKM Subang, ti urang, ku urang, jang urang", di GOR Gotong Royong, Kelurahan Pasirkareumbi, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (14/10/2023). Dalam kegiatan ini, PNM Subang mengundang 1000 nasabahnya untuk mendapatkan bimbingan dan pelatihan. 

Selain itu, dalam PKU Akbar ini PNM Subang juga menggelar pameran atau bazar yang diikuti oleh puluhan UMKM yang merupakan nasabah dari PNM Mekar. Peserta pelatihan dalam kegiatan ini mendapat voucher untuk belanja sehingga dagangan pelaku UMKM di bazar dipastikan habis terjual. 

Menurut Pimpinan Cabang PNM Subang, Jimi Firmansyah, tidak hanya memberikan pembiayaan, PNM juga memberikan pelatihan untuk nasabahnya. 

"Kita mengumpulkan seluruh nasabah-nasabah yang ada di Kabupaten Subang. PNM tidak hanya memberikan permodalan, tapi kita juga memberikan pendamping dan. Hari ini kita beru pelatihan menjadi agen BRILink, pelatih perijinan, dan pelatihan tentang mengelola keuangan rumah tangga secara baik," ujarnya. 

Jimi menambahkan, pada tahun 2023 ini, nasabah PNM Subang telah menembus angka 154.000 orang. Di tahun 2023 ini juga, piutang yang dimiliki PNM Subang dari nasabah mencapai Rp510 miliar. 

"Untuk saat ini nasabah PNM Subang ada 154.000, kalau untuk outstanding saat ini kita ada sekitar Rp510 miliar untuk biaya yang masih aktif di Kabupaten Subang," katanya. 

Jimi juga menjelaskan, PNM selain memberikan modal finansial kepada nasabahnya juga memberikan modal intelektual dan sosial. 

"Ada 3 modal yang kita berikan buat ibu-ibu, ada modal finansial, ada modal intelektual, dan ada modal sosial. Modal intelektualnya tadi pelatihan itu, modal finansialnya kita berikan pembiayaan, modal sosialnya kita membuat jejaring," imbuhnya. 

Imas (40) salah satu nasabah PNM Mekaar asal Cikawali, Subang mengaku sangat terbantu dengan modal yang dipinjamkan oleh PNM. Dengan modal dan pelatihan yang diberikan, ia kini bisa berjualan dan hasilnya kini bisa membiayai anak sekolah serta keperluan lainnya. 

"Baru mau 4 tahun, ngebantu banget  buat saya mah gak punya modal sih. Dagang wajit nanas, kripik talas, dan keripik pisang," ungkapnya. 

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi sangat mengapresiasi PNM Subang yang telah membantu UMKM di Kabupaten Subang. Dengan nasabah yang mencapai 154.000 orang, maka bisa disebut PNM yang menggerakkan roda ekonomi Subang di sisi UMKM. 

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan oleh PNM, dimana ini kan programnya Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), yang dibantunya UMKM-UMKM. Tentu ini sangat membantu masyarakat," ucapnya. 

"Kami harapkan program ini terus berkembang, sehingga masyarakat kita bisa terbantu dari sisi keekonomian," tambahnya. 

Selain pameran dan pelatihan, dalam PKU Akbar ini, PNM Subang juga memberikan NIB bagi nasabahnya, dan menampilkan beberapa kesenian tradisional. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network