Tradisi Ruat Laut di Blanakan Subang, Bentuk Rasa Syukur Nelayan

Agus Hidayat
Ratusan nelayan pantura Blanakan Subang mengikuti pesta laut. (Foto: Agus Hidayat)

SUBANG, iNewsSubang.id - Sebagai wujud rasa syukur atas berkah dan hasil tangkapan ikan, KUD Mandiri Mina Fajar Sidik menggelar ruat laut, Minggu, (13/11/2022). Ruat laut tersebut diikuti oleh ratusan nelayan yang berada di Blanakan Subang. 

Ribuan warga pun terlihat memadati lokasi ruat laut untuk menyaksikan keberangkatan ratusan kapal ke tengah laut. Para nelayan juga berlomba-lomba menghiasi kapal mereka dengan aneka warna dan menggantungkan makanan serta minuman. 

BACA JUGA : Minim TPS dan Kurang Kesadaran Masyarakat, Tumpukan Sampah Terlihat di Berbagai Titik di Subang

Dalam tradisi ruat laut ini, nelayan membawa replika perahu Dongdang yang berisi kepala kerbau dan sesaji serta darah kerbau ke tengah laut. 

Lalu perahu dongdang dibawa menggunakan kapal nelayan dan diikuti lebih dari seratus perahu lainnya. Setelah sampai laut lepas, perahu dongdang dilempar ke laut dan menjadi rebutan nelayan lainnya. 

BACA JUGA : Antisipasi Banjir, Warga Blanakan Gotong Royong Bersihkan Saluran Air di Lingkungan

Menurut Ketua KUD Mina Mandiri Fajar Sidik Blanakan Dasam, ruwat laut ke 55 inj merupakan bentuk rasa syukur nelayan atas melimpahnya hasil tangkapan ikan. 

"Tradisi pesta laut ini bentuk rasa syukur nelayan atas melimpahnya tangkapan ikan sehingga di harapkan dengan adanya ruat laut dan hasil tangkapan ikan melimpah bisa mensejahterakan nelayan," ujarnya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network