Rajata, Senjata Penghancur Buatan PT Dahana Subang yang Berteknologi Tinggi

Tim iNews.id
Rajata, pesawat tanpa awak berteknologi tinggi buatan PT Dahana. (Foto: Dok Humas Dahana)

BANDUNG, iNews.id - PT Dahana yang berkantor pusat di Kabupaten Subang kembali mengharumkan nama Indonesia di dunia persenjataan. PT Dahana baru-baru ini merilis inovasi terbarunya di bidang militer dengan meluncurkan Loitering Munition bernama Rajata di Kantor Pussenif AD, Cipatat, Bandung, Jum’at, (22/7/2022). Teknologi ini merupakan hal baru dan pertama yang diproduksi di Asia Tenggara.

Menurut Direktur Teknologi dan Pengembangan Dahana, Suhendra Yusuf RPN, Rajata merupakan senjata penghancur berteknologi tinggi yang dapat digunakan untuk menghancurkan sasaran secara otomatis tanpa dikendalikan.

BACA JUGA : Inilah Sejarah PT Dahana, Pabrik Bahan Peledak yang Berlokasi di Subang

“Teknologi Rajata memungkinkan personel yang menggunakannya dapat menghancurkan target tanpa diketahui musuh, Rajata dapat menjadi salah satu alternatif solusi penggunaan rudal karena nilainya yang lebih ekonomis, serta memiliki tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan roket,” ujar Suhendra kepada iNewsSubang.id Selasa (26/7/2022).

Suhendra menambahkan, Loitering Munition atau dikenal merupakan pesawat tanpa awak untuk melakukan misi self destroyer dengan sistem loiter (berkeliling) di area sasaran untuk mencari target sebelum menyerang. Senjata ini biasanya digunakan untuk menyerang target-target yang memerlukan respon cepat ketika terdeteksi.

BACA JUGA : Kapolres Subang Ajak Pelajar Untuk Tidak Melakukan Perundungan

Suhendra juga mengklaim, dengan segenap kemampuannya, Rajata berpotensi untuk digunakan di seluruh matra pertahanan TNI, seperti penggunaan oleh pleton matra darat di setiap perbatasan Indonesia, pada kapal laut milik TNI AL, ataupun pada pesawat TNI AU sebagai senjata.

Rajata nantinya akan bersaing dengan Loitering Munition lain, seperti Kalashnikov milik Rusia, Warmate Polandia, Switchblade Amerika, dan Hero-30 Israel. Nama Rajata sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yang bermakna penghancur, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh Loitering Munition ini.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network