get app
inews
Aa Read Next : Kendalikan Harga Beras di Jabar, 66.000 Ton Beras Impor Datang di Pelabuhan Patimban Subang

Presiden Jokowi Targetkan Ekspor 180.000 Mobil Pertahun dari Pelabuhan Patimban Subang

Selasa, 08 Maret 2022 | 16:23 WIB
header img
Presiden Jowoki kunjungi Pelabuhan Patimban untuk lepas Ekspor mobil ke 4 negara. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG. iNews.id - Presiden Joko Widodo kembali mengunjungi Pelabuhan Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Subang, Selasa (8/3/2022). Kunjungan Presiden Jokowi ke Pelabuhan Patimban untuk melepas ekspor 1600 kendaraan ke 4 negara.

Dalam pelepasan ekspor mobil ini, Presiden Jokowi didampingi langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Presiden Jokowi memberikan apresiasi terhadap kinerja Pelabuhan Patimban. Pasalnya sejak pertama kali digunakan ekspor pada bulan Desember 2021, hingga kini terus mengalami peningkatan.

BACA JUGA : Warga Subang Jadi Korban Tewas Dalam Serangan KKB di Papua, Jenazah Dibawa ke Rumah Duka Hari ini

Hanya dalam hitungan 3 bulan, Pelabuhan Patimban telah melakukan ekspor sebanyak 45.000 kendaraan. Perbulan sekitar 15.000 kendaraan dikirim ke luar negeri melalui Pelabuhan Patimban ini.

"Meninjau Pelabuhan Patimban yang sudah sejak Desember yang lalu tiga bulan yang lalu beroperasi, dan saya senang, oleh operasi ekspor mobil dari pelabuhan patimban terus bergerak yang sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160.000 ," kata Joko Widodo, Selasa (8/3/2022).

Melihat peningkatan ekspor yang dilakukan Pelabuhan Patimban, Jokowi optimis Pelabuhan Patimban bisa ekspor sebanyak 180.000 kendaraan pertahunnya. Ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban hingga saat ini baru ke 4 negara yaitu Philipina, Brunai, Vietnam, dan Jepang.

BACA JUGA : Warga Subang yang Jadi Korban Tewas Serangan Teroris KKB Papua Baru Bekerja Selama 2 Bulan

"Melihat progres 3 bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180.000 mobil, untuk ekspor ke Philipina, ke Brunei, Jepang dan juga ke Vietnam, nanti akan dikembangkan ke negara-negara yang lain. Sehingga 1 bulan kurang lebih dari sini akan bisa diekspor 15.000 mobil," ujarnya.

Presiden Jokowi berharap disaat kondisi pandemi COVID-19 saat ini, Pelabuhan Patimban dapat membantu meningkatkan sektor perekonomian negara.

"Tahun ini akan sangat bagus artinya industri kita meskipun pandemi tetap bergerak terus, meskipun pandemi kita juga tetap ekspor terus dan kita harapkan ini akan ikut memberikan sumbangan kepada pertumbuhan ekonomi negara kita dan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya," Jelasnya.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut