get app
inews
Aa Read Next : Satreskoba Polres Subang Sosialisasi P4GN di SMK Bina Taruna Jalancagak Subang

KKN di Desa Pakutandang, Mahasiswa UBK Berikan Penyuluhan PHBS & Edukasi Gizi Pencegahan Stunting

Rabu, 11 September 2024 | 17:26 WIB
header img
KKN di Desa Pakutandang, Mahasiswa UBK Berikan Penyuluhan PHBS & Edukasi Gizi Pencegahan Stunting. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Mahasiswa Universitas Bhakti Kencana (UBK) baru-baru ini telah menyelesaikan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Selama masa KKN, mahasiswa dari kelompok 25, dengan ketua tim dosen pembimbing Melysa, bersama anggota dosen lainnya, seperti Fatmawati Karim, dan beberapa dosen lainnya, melaksanakan berbagai kegiatan bermanfaat yang melibatkan partisipasi aktif warga desa.

Kegiatan utama yang dilaksanakan adalah Edukasi Gizi Pencegahan Stunting serta Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, mahasiswa KKN juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan di desa seperti Posyandu, pemberian imunisasi di sekolah bekerja sama dengan Puskesmas, senam pagi bersama warga, dan kegiatan lainnya.

Kepala Desa Pakutandang menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada para mahasiswa KKN yang telah berdedikasi dan memberikan kontribusi luar biasa. “Terima kasih kepada seluruh mahasiswa KKN yang telah berdedikasi, bekerja keras, dan memberikan kontribusi yang luar biasa selama menjalankan tugas di desa kami. Semoga membawa banyak perubahan positif bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi dalam pencegahan stunting, dosen dan mahasiswa KKN mengadakan penyuluhan di Dusun Cipaku, RW 21, Selasa, (27/8/2024). Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya gizi untuk mencegah stunting.

Aldo Togar H.P, ketua kelompok KKN, bersama tim memperkenalkan produk inovatif bernama Nugget Growth Bites, olahan nugget ikan yang memanfaatkan budi daya ikan di Dusun Cipaku. “Pembuatan nugget ini bertujuan untuk membantu masyarakat memanfaatkan budi daya ikan lokal dalam mengembangkan produk yang bermanfaat dan mudah diolah,” ujar Aldo.

Selama penyuluhan, para peserta yang berjumlah sekitar 50 orang menyaksikan penayangan video proses pembuatan nugget tersebut, dan hasil olahan nugget dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dusun Cipaku, Arif Saefudin A, yang menyampaikan apresiasinya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut