get app
inews
Aa Read Next : Terdakwa Kusumayati Sangkal BAP Penyidik, JPU: Tidak Logis

Ahli Hukum Tegaskan Kasus Ibu Palsukan Tanda Tangan Ranah Pidana

Rabu, 10 Juli 2024 | 14:09 WIB
header img
Ahli Hukum Minta Hakim Jeli Tangani Kasus Ibu Zalimi Anak di Karawang. (Foto: Istimewa)

KARAWANG, iNewsSubang.id - Pandangan ahli hukum pidana pada sidang kasus anak menggugat ibu kandung di Karawang menunjukkan bahwa hakim sangat objektif dan perkara ini murni merupakan kasus pidana.

Ahli hukum pidana sekaligus dosen Universitas Sehati Indonesia (Usindo), Eigen Justisi, menyatakan bahwa sejak awal mengikuti kasus ibu dan anak ini, ia menilai banyak pendapat yang kontra produktif terhadap perkara tersebut.

"Iya kalau saya memang mengikuti dari awal, ini kan kasus pidana, si anak ini melaporkan ibunya karena terkait dengan pemalsuan tanda tangan. Disitu banyak mungkin masyarakat yang kontra produktif dengan duduk perkaranya sehingga seolah-olah ini adalah kasus anak menggugat warisan, padahal kalau mau menggugat warisan, kontruksi hukumnya berbeda, dan gugatannya sudah pasti perdata bukan pidana," ujar Eigen, Rabu (10/7/2024).

Diketahui sebelumnya, seorang anak bernama Stephanie Sugianto melaporkan ibu kandungnya, Kusumayati, karena tidak terima tanda tangannya dipalsukan dalam Surat Keterangan Waris (SKW).

Kasus ini bermula ketika Sugiono, ayah kandung Stephanie sekaligus suami Kusumayati, warga Kelurahan Nagasari, Kabupaten Karawang, meninggal pada 6 Desember 2012. Sepeninggal sang ayah, Stephanie melaporkan ibunya pada tahun 2021 dengan tuduhan bahwa Kusumayati memalsukan tandatangannya dalam pembuatan SKW pada 27 Februari 2013.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut