get app
inews
Aa Read Next : Inilah Daftar 50 Caleg Terpilih DPRD Subang 2024-2029 yang Resmi Ditetapkan KPU Subang

Bernilai Tinggi, Pohon Ki Tambleg Icon Kabupaten Subang Diduga Dijual KPU

Sabtu, 04 November 2023 | 16:49 WIB
header img
KPU Subang gunakan cran untuk mengangkut pohon Ki Tambleg/ Baobab. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang, Jawa Barat diduga menjual pohon Baobab atau Ki Tambleg yang tumbuh di halaman kantor KPU Subang. Pohon yang menjadi icon Kabupaten Subang tersebut memiliki nilai yang cukup tinggi. Penjualan pohon yang bisa berumur ribuan tahun tersebut ditentang oleh aktivis peduli lingkungan di Kabupaten Subang. 

Dalam videk yang beredar di media sosial, terlihat untuk membongkar pohon yang sudah berumur sepuluh tahun ini pihak KPU harus menggunakan crane. Pohon yang berasal dari Afrika, Australia, dan Madagaskar ini bisa berumur ribuan tahun. 

Bahkan banyak kolektor dan orang kaya yang menginginkan pohon Baobab ini ditanam di halaman rumah mereka. Presiden Jokowi juga pernah membeli pohon Baobab senilai Rp750 untuk ditanam di waduk Ria Rio saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. 

Rafaul Alun pun membeli dan menanam pohon Baobab dini dihalaman rumahnya. Rafael alun sempat viral membeli pohon ini seharga Rp40 juta dari ukuran kecil. 

Menurut Ketua KPU Subang, Suryaman, pohon tersebut dibongkar karena khawatir merusak bangunan. Namun tidak mengetahui dipindahkan kemana dan dijual atau tidak. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut