get app
inews
Aa Read Next : Program Makmur Pupuk Kujang, Berhasil Tingkatkan Hasil Panen Padi Petani di Subang

Pupuk Kujang Dirikan Sentra Edukasi Nanas Terdigitalisasi Pertama di Subang

Rabu, 20 September 2023 | 17:32 WIB
header img
Pupuk Kujang Dirikan Sentra Edukasi Nanas Terdigitalisasi Pertama di Subang. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNewsSubang.id – PT Pupuk Kujang Cikampek, melalui Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), telah mendirikan sentra edukasi nanas yang terdigitalisasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sentra edukasi ini menjadi lokasi pertama yang menggunakan pendekatan digital untuk penyebaran pengetahuan tentang pertanian nanas.

“Sentra edukasi Ini menjadi tempat belajar ilmu nanas yang dilengkapi dengan modul digital berupa aplikasi bernama Kampung NanasKu. Ini menjadi yang pertama di Subang. Di sini, masyarakat juga bisa mempelajari langsung segala hal tentang tanaman nanas dari petani berpengalaman,” ujar Agung Gustiawan, VP TJSL Pupuk Kujang, Rabu (20/9/2023). 

Agung mengungkapkan bahwa nanas adalah salah satu komoditas andalan Jawa Barat yang secara khusus terkait dengan Subang. Sejarah panjang nanas di daerah tersebut telah mendorong banyak petani nanas di Subang, sehingga tidak mengherankan jika daerah ini dikenal sebagai "kota nanas."

Salah satu kelompok petani nanas di Subang yang mencapai prestasi adalah Kelompok Tani Mekar Sari Maju, yang berlokasi di Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak. Selain menghasilkan nanas berkualitas tinggi secara konsisten, Poktan Mekar Sari Maju dan Koperasi Singgalang Sari Maju juga mampu mengolah nanas menjadi berbagai produk seperti wajit, keripik, es buah, serta pupuk hayati dan kain dari nanas. Selain itu, kelompok petani ini dapat membuat silase atau pakan ternak dari kulit nanas.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut