get app
inews
Aa Read Next : Pamanukan Delight, Pengunjung Bisa Nikmati 80 Hidangan Nusantara di Favehotel Pamanukan

Alih Profesi Jadi Pembuat Batu Bata, Buruh Tani di Pamanukan Subang Hanya Raup Rp15.000 Perhari

Minggu, 06 Agustus 2023 | 21:22 WIB
header img
Buruh tani di Pamanukan, Subang alih profesi jadi pembuat batu bata merah. (Foto: Gabriel Adammara)

SUBANG, iNewsSubang.id - Areal pesawahan yang kering akibat tak ada air,membuat sebagian buruh tani di Desa Pamanukan Sebrang, Kecamatan Pamanukan, Subang, Jawa Barat beralih profesi menjadi pembuat batu bata merah. Lahan pesawahan yang kering dimanfaatkan mereka sebagai bahan untuk membuat batu bata merah. 

Para buruh tani ini mencetak bata secara manual dan langsung di jemur di bawah terik matahari. Dalam sehari setiap buruh tani masing mampu mencetak hingga 200 bata mentah. Bata mentah selanjutnya dibakar menggunakan sekam hingga bata matang berwarna merah. 

Hadi (50) seorang buruh tani mengaku profesi membuat bata merah ini terpaksa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. "Kita gak ada kerjaan jadi bikin bata, sawah kekeringan kurang air, bareng temen-temen banyak," ujarnya kepada iNewsSubang.id, Minggu (6/8/2023). 

Menurut Ilyas (55) buruh tanu lainnya mengaku bata merah tersebut ia jual dengan harga Rp900 perbuah. Meskipun hanya mendapatkan penghasilan Rp15.000 perhari, namun mereka tetap bersyukur dari pada tidak memiliki penghasilan. "Sehari Rp12.000 - Rp15.000, dicukup-cukupo saja," katanya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut