get app
inews
Aa Read Next : Peduli Dunia Pendidikan, Pemudi di Subang Dirikan Sekolah Rakyat Gratis untuk Anak-Anak

Murdaya Poo, Penjual Koran yang Kini Masuk Jajaran Orang Terkaya, Berikut Sumber Kekayaannya

Rabu, 27 Juli 2022 | 16:13 WIB
header img
Murdaya Poo, penjual koran yang kini jadi milyader. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Tekun, kerja keras dan usaha tidak akan mengkhianati hasil. Mungkin itulah kalimat yang pantas ditunjukkan bagi Murdaya Poo. Pria dengan nama lengkap Murdaya Widyawimarta Poo memulai usahanya sebagai penjual koran. Namun kini masuk jajaran orang terkaya di Indonesia.

Murdaya Poo saat ini dikenal sebagai pemilik grup mal mewah di Jakarta, di antaranya Puri Indah mal dan Pondok Indah mal. Pada 2020, Murdaya Poo menduduki peringkat ke-29 orang terkaya Indonesia versi Forbes.

BACA JUGA : Cantiknya Bonsai Kelapa Hasil Kreasi Warga Subang, Diburu Pecinta Tanaman Hias

Pria kelahiran 29 Agustus 196 ini juga dikenal sebagai pendiri perusahaan raksasa yang bergerak di bidang investasi perkebunan kelapa sawit, produksi kayu lapis, teknik dan IT, Central Cipta Murdaya Group.

Selain dikenal karena kesuksesan bisnisnya, Murdaya Poo dikenal memiliki jiwa pemimpin, di samping sifatnya yang ulet dan pekerja keras. Pria kelahiran Blitar mengawali karir dari bawah di masa mudanya sebagai penjual koran. Kemudian, dia memulai karir di bidang kontraktor pada tahun 1972.

Awalnya bisnisnya tidak begitu dikenal dan sepele, hingga akhirnya dia menyadari bisnis kontraktor adalah satu-satunya yang ada saat itu. Setelah bisnisnya berkembang pesat dan semakin berkembang, membuat Murdaya Poo mendirikan bisnis kontraktor yang lebih besar, yaitu Central Cipta Murdaya Group pada tahun 1992.

Saat itu sangat sedikit pengembang yang memiliki koleksi aset lahan seluas Central Cipta Murdaya (CCM) Holding. Adapun saat ini kerajaan bisnis Central Cipta Murdaya Group yang dijalankan oleh generasi kedua diketahui tengah menguasai lahan hingga 150 hektare di lokasi-lokasi strategis dan memiliki potensi pertumbuhan yang bernilai tinggi.

BACA JUGA : Niat dan Keutamaan Puasa di Bulan Muharram, Cek Waktunya Disini

Properti tanah ini nantinya akan digunakan sebagai kompleks komersial internasional. Aset tanah grup terbagi di wilayah Kemayoran dan Jl Jend. Sudirman di Jakarta Pusat, Pondok Indah di Jakarta Selatan, dan Puri Indah di Jakarta Barat. 

Masing-masing lahan tersebut yaitu Kemayoran seluas 44 hektare, Pondok Indah seluas 40 hektare, Jl Jend. Sudirman atau tepatnya Kompleks WTC Sudirman seluas 8 hektare, dan Puri Indah seluas 58 hektare.

Dari bisnisnya tersebut, Murdaya Poo kembali melebarkan sayap ke bidang lain seperti IT, manufaktur, baja, real estate dan agribisnis. Salah satu perusahaan yang ia kelola adalah PT Jakarta International Expo (JIExpo) yang mengelola acara Jakarta Fair yang sangat terkenal hingga saat ini. 

BACA JUGA : Rajata, Senjata Penghancur Buatan PT Dahana Subang yang Berteknologi Tinggi

Setelah itu, karirnya berlanjut sebagai anggota legislatif. Murdaya Poo tercatat sebagai anggota DPR sejak 2004 hingga 2009.

 

Artikel ini sebelumnya telah terbit dengan judul: Kisah Murdaya Poo, dari Penjual Koran hingga Miliki Mal Mewah

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut