get app
inews
Aa Read Next : Mata Air Tertimbun Longsor, Perumda TRS Gunakan Sumber Air Aqua untuk Disalurkan ke 3 Kecamatan

Dinilai Gerus Pelanggan, Perumda TRS Minta Program Pamsimas Diseleksi

Selasa, 19 Juli 2022 | 13:05 WIB
header img
Ketua Dewas Perumda TRS, Lukman Nurhakim memeriksa fasilitas. (Foto: Istimewa)

SUBANG - iNews.id - Keberadaan layanan air bersih melalui Program Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di pedesaan ternyata menggerus pelanggan Perumda air minum Tirta Rangga Subang (TRS).

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pengawas Perumda TRS, Lukman Nurhakim. Lukman berharap, Pemkab Subang melakukan seleksi untuk pembangunan Pamsimas. Di daerah yang terdapat layanan Perumda sebaiknya tidak dibangun Pamsimas.

BACA JUGA : Sebuah SD Negeri di Subang Hanya Miliki 8 Murid, Ternyata ini Penyebabnya

"Memang hasil kami evaluasi ke lapangan dan ada keluhan dari Perumda di cabang-cabang tentang Pamsimas. Pelanggan Perumda banyak yang pindah ke Pamsimas. Juga beberapa desa menolak untuk dilayani air dari Perumda karena menunggu program Pamsimas," Lukman belum lama ini.

Lukman menambahkan, kondisi tersebut menjadi bahan evaluasi manajemen Perumda. Dirinya mendorong agar Perumda memperbaiki layanan agar menarik pelanggan lebih loyal.

BACA JUGA : Jelang Masuk Sekolah, Toko Alat Tulis di Pamanukan Subang Diserbu Pembeli

Terkait kepindahan pelanggan ke Pamsimas, lanjutnya, hal itu hak masyarakat, apalagi itu pun program pemerintah untuk masyarakat. Namun di beberapa daerah, khususnya Pantura, layanan Pamsimas bisa maksimal berjalan dua hingga tiga tahun, karena ada perubahan kualitas air.

"Tapi kami yakin ketika layanan Perumda itu baik, kualitas air baik, pelanggan akan loyal. Kami temui ada juga yang pindah lagi ke Perumda karena ada perubahan kualitas air Pamsimas. Misal di Pantura, setelah dua tahun kembali lagi berlangganan Perumda. Maka kami berharap, desa yang bisa dilayani Perumda tetap menggunakan layanan dari kami. Ini juga perlu dipahami oleh pemerintah kabupaten, kecamatan hingga desa," papar Lukman.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut