Terancam Punah, Owa Jawa kembali Dilepasliarkan Pertamina EP Subang Field di Hutan Malabar

Tim iNews.id
Joan, owa Jawa betina yang dilepasliarkan di Kawasan Hutan Lindung Malabar, Gunung Puntang, Bandung Selatan, siap menjelajah habitat alaminya. (Foto: Istimewa)

Senior Manager Pertamina EP Subang Field, Ndirga Andri Sisworo, menyatakan bahwa konservasi owa Jawa merupakan bagian dari program pelestarian keanekaragaman hayati yang diusung oleh Perusahaan. Program ini juga mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) poin 15, yaitu melindungi, memulihkan, dan mendukung penggunaan ekosistem darat secara berkelanjutan serta menghambat hilangnya keanekaragaman hayati.

“Harapan kami, owa Jawa yang sudah dilepasliarkan mampu meramaikan kembali hutan lindung Malabar, berketurunan dan membentuk populasi yang stabil, sehingga terhindar dari kepunahan," ujar Ndirga.

Populasi owa Jawa (Hylobates moloch) diperkirakan hanya tersisa sekitar 2.000-4.000 ekor di dunia, menjadikannya salah satu primata yang dilindungi. Owa Jawa termasuk dalam daftar merah IUCN dengan status terancam punah (endangered) dan juga tercantum dalam Apendiks I CITES. Saat ini, persebaran owa Jawa hanya terbatas di bagian barat Pulau Jawa, menjadikannya spesies owa paling langka di dunia.



Editor : Yudy Heryawan Juanda

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network