get app
inews
Aa Read Next : Jalan Kabupaten di Pelosok Pantura Subang Rusak Parah, Pengendara jadi Korban

Unik, Masjid Att-Toyibah di Kalijati Subang Dibangun Mirip Ka'bah, Ternyata Alasannya Bikin Haru

Selasa, 05 April 2022 | 14:32 WIB
header img
Masjid Att-Thoyyibah di Subang dibangun mirip Ka'bah, bahkan lengkap dengan miniatur lainnya. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNews.id - Sebuah masjid di Kalijati, Subang, memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai Ka'bah. Masjid Ka'bah yang bernama Att-Thoyyibah ini berlokasi di Kampung Ciputih, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Subang. Masjid unik ini berukuran sepuluh meter persegi.

Selain membangun masjid berbentuk Ka’bah, di tanah seluas 2800 meter persegi ini pendiri  membangun juga replika Hijir Ismail, Hajar Aswad, jejak kaki Nabi Ibrahim, Sya’i hingga bukit Syafa dan Marwah. Dengan dibangunnya beberapa replika ini membuat masjid sangat menyerupai ka’bah. Bahkan saat berada di masjid sensasinya seperi di kota suci Mekkah.

BACA JUGA : HUT Subang KE-74, Bupati Subang : Tahun 2022 Kita Fokus Bangun Inftrastruktur

Menurut Ketua DKM Masjid Att-Thoyyibah, Ustadz Syayid Kaliwon, dibangunnya masjid berbentuk Ka’bah ini terispirasi saat pendiri masjid pulang dari tanah suci. Rindu dengan suasana di Mekkah akhirnya pendiri membangun masjid ini.

"Tahun 2015, seorang tokoh Kalijati, Raden H. Kusman, berangkat ke tanah suci, dan mempunyai cita-cita jika pulang selamat ingin mendirikan masjid seperti Ka’bah, Alhamdulillah 2016 bisa terlaksana” ujarnya.

BACA JUGA : Berapa Jumlah Rakaat Tarawih Rasulullah, Berikut Penjelasan Buya Yahya

Ustadz Sayyid menamabahkan, sebelum pandemic Covid-19, masjid Att-Toyyibah ini sering dikunjungi warga. Bahkan juga suka digunakan untuk manasik haji.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut