get app
inews
Aa Read Next : Raih 2287 Suara, Sholehudin Menang di Pilkades Blanakan Subang

Ridwan Kamil Serahkan Tanah dan Air di Subang ke Ibu Kota Nusantara

Selasa, 15 Maret 2022 | 06:52 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menyerahkan air dan tanah ke Presiden Jokowi. (Foto: Dok Humas Pemprov Jabar)

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil turut serta dalam penyerahan air dan tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama 33 Gubernur lainnya ke Presiden Jokowi, Senin (14/3/2022). Air dan tanah yang dibawa oleh Gubernur Jawa Barat tersebut salah satunya berasal dari Kabupaten Subang.

Air dan tanah dari Situs Nangka Beurit, Kecamatan Sagalaherang, Subang dipilih oleh Ridwan Kamil. Dipilihnya air dan tanah situs Nangka Beurit karena sosok Raden Arya Wangsa Goparana atau Nangka Beurit yang merupakan tokoh penyebar agama Islam di Kabupaten Subang.

BACA JUGA : Siapkan 3000 Liter, Besok Pemprov Jabar Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng di Subang

Selain dari Situs Nangka Beurit, RK juga membawa air dan tanah dari 26 Kabupaten/ Kota lainnya di Jawa Barat. Air dan tanah tersebut digabungkan dalam satu wadah oleh mantan Wali kota Bandung tersebut.

"Tentu (air dan tanah) dipilih menurut kearifan lokalnya. Sumbernya bermacam-macam, ada yang dari masjid agung, air gunung, dan lain sebagainya," kata Ridwan Kamil dikutip dari situs resmi Pemprov Jabar, Senin (14/3/2022).

Pada sekitar lokasi prosesi, Ridwan Kamil juga menanam pohon rasamala (Altingia excelsa). 

BACA JUGA : Sempat Viral, Kasus Pencurian Toko Celana Yang Terekam CCTV di Subang Belum Kunjung Terungkap

Presiden Jokowi menuturkan, prosesi penyatuan tanah dan air tersebut merupakan penanda dimulainya cita-cita dan pekerjaan besar, yaitu pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara. Hal ini juga sebagai bentuk dari kebhinekaan dan persatuan yang kuat dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara. 

"Baru saja tadi tanah dan air yang dibawa oleh 34 Gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara. Terima kasih kepada para Gubernur, ini merupakan bentuk dari kebhinekaan dan persatuan yang kuat dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," tutur Presiden. 

Berikut daftar air dan tanah 27 kabupaten/ kota se-Jawa Barat yang dibawa Ridwan Kamil ke IKN :

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut