get app
inews
Aa Read Next : Waskita Beton Precast Berdayakan Bank Sampah untuk Lingkungan dan Ekonomi Berkelanjutan

Ketua KTNA Jabar Dorong Petani Segera Daftarkan Diri ke Poktan untuk Bisa Tebus Pupuk Bersubsidi

Selasa, 22 Oktober 2024 | 11:52 WIB
header img
Ketua KTNA Jawa Barat, Otong Winanta. (Foto: Istimewa)

SUBANG, iNews.id – Pendataan petani penerima pupuk bersubsidi untuk tahun 2025 masih berlangsung hingga 15 November 2024. Oleh karena itu, Ketua Kelompok Tani Nasional Indonesia (KTNA) Provinsi Jawa Barat, Otong Wiranata, mendorong semua petani di Indonesia yang belum terdaftar dalam e-RDKK untuk segera mendaftarkan diri ke kelompok tani (poktan) setempat agar bisa menebus pupuk bersubsidi pada tahun 2025.

"Kita akan terus melakukan sosialisasi agar petani mau mendaftarkan diri sesuai luasan yang mereka garap ke kelompok taninya. Nanti biar kelompok taninya yang memproses sehingga terdaftar dalam e-RDKK dan dapat menebus pupuk bersubsidi tahun depan," ujar Otong usai mengikuti Pupuk Indonesia Safari Makmur di Desa Mekarjaya, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Senin (21/10/2024).

Ia menyatakan bahwa tidak ada masalah dalam penyaluran pupuk bersubsidi di Jawa Barat pada tahun 2024. Namun, Otong mengakui bahwa sosialisasi mengenai pendaftaran petani sebagai penerima pupuk bersubsidi belum sepenuhnya menjangkau tingkat bawah. Akibatnya, masih banyak petani yang belum mendaftarkan diri ke kelompok tani untuk menjadi penerima pupuk bersubsidi.

Di tempat yang sama, Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian (Kementan), Jekvy Hendra, menyampaikan bahwa Kementan terus mendukung inovasi pertanian dengan menjaga ketersediaan pupuk bersubsidi di seluruh Indonesia. Pada tahun 2024 ini, Pemerintah menambah alokasi pupuk bersubsidi dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton. Saat ini, penyerapan pupuk bersubsidi baru mencapai 54 hingga 60 persen.

"Artinya, tidak ada kelangkaan pupuk. Yang ada adalah teman-teman petani tidak mendaftar, yang ada teman-teman tidak mengikuti prosedur, sementara ini keuangan negara yang harus kita input dalam e-RDKK," tegasnya.

Jekvy juga menjelaskan bahwa proses pendaftaran petani sebagai penerima pupuk bersubsidi cukup mudah. Oleh karena itu, diharapkan agar seluruh petani segera mendaftarkan diri selama masa pendaftaran.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut