get app
inews
Aa
Read Next : Lampaui Target, Regional Jawa Berhasil Produksi Migas 61.325 BPOD di Tahun 2022

APO PHE ONWJ Hidupkan Harapan Warga Pesisir Pantura Subang Terbebas dari Abrasi

Selasa, 27 Februari 2024 | 21:16 WIB
header img
Alat Pemecah Ombak (APO) strap PHE ONWJ dipasang di pulau burung, Subang. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNewsSubang.id - Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) telah memasang Alat Pemecah Ombak (APO) di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang Jawa Barat. Pemasangan APO tersebut telah menghidupkan harapan bagi warga pesisir pantura Subang agar terbebas dari abrasi. 

Selama ini, warga pesisir pantura Subang khususnya Desa Mayangan hidup dengan ancaman abrasi. Puluhan rumah telah ditinggalkan akibat rusak oleh abrasi tersebut. Ratusan hektare tambak telah hilang yang kini menjadi lautan. 

Selain untuk memecah ombak, APO juga telah berhasil membuat sendimentasi. Selama satu tahun di pasang, inovasi dari PHE ONWJ ini telah berhasil membuat daratan di Pulau Burung seluas 2 hektare atau menambah daratan dua puluh meter ke laut. 

Menurut Head of Communication, Relations & CID PHE ONWJ, R. Ery Ridwan, pihaknya telah memberikan berbagai bantuan di Desa Mayangan tersebut. Namun kini abrasi menjadi permasalahan serius yang dialami masyarakat Desa Mayangan sehingga dipasanah alat pemecah ombak. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut