get app
inews
Aa Read Next : Pengedar dan Kurir Sabu Diringkus Sat Res Narkoba Polres Subang, Puluhan Paket Sabu Berhasil Disita

Diduga Pungli Rp2,7 Juta Permurid, SMP Negeri 1 Subang Bisa Raup Miliaran Rupiah Pertahun

Jum'at, 05 Januari 2024 | 10:55 WIB
header img
Berkedok sumbangan, Komite SMPN 1 Subang diduga pungli Rp2,7 permurid setiap tahun. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNewsSubang.id - Kasus pungutan liar (Pungli) di dunia pendidikan masih terjadi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. SMP Negeri 1 Subang yang seharusnya menjadi sekolah gratis, diduga melakukan pungutan kepada orang tua murid senilai Rp2,5 juta hingga Rp2,7 juta setiap tahunnya. 

Dengan dalih sumbangan, Komite SMPN 1 Subang bisa meraup miliaran rupiah dari pungutan tersebut. Angka tersebut jika dihitung semua murid di SMPN 1 Subang yang berjumlah 800 lebih membayar semuanya. 

Pungutan yang disebut Komite dan pihak sekolah sumbangan tersebut bersifat wajib. Bahkan jika ada orang tua murid tidak membayar, maka akan di tagih oleh pihak Komite Sekolah. 

Menurut Ketua Komite SMPN 1 Subang, Daeng Makmur Tahir melansir dari kanal Youtube Jabar Publishers TV Official, pungutan yang ia sebut sumbangan tersebut sudah berjalan sejak tahun 2016. 

"Perjalanan itu jalan terus, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, sampai detik ini. Jadi kita ini ada proposal diajukan kepada orang tua dan dari situ kita bikin laporan dan dilaporkan ke Dinas," ujarnya belum lama ini. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut