get app
inews
Aa Read Next : Melihat Pesantren Ramadhan ala Pabrik Bahan Peledak DAHANA di Subang

Selamatkan Lingkungan, Dahana Manfaatkan Oli Bekas untuk Produksi Bahan Peledak

Kamis, 13 Juli 2023 | 20:20 WIB
header img
Kantor Management Pusat PT Dahana di Kabupaten Subang. (Foto: Humas Dahana)

SUBANG, iNewsSubang.id - Energetic Material Center (EMC) PT DAHANA berhasil melakukan inovasi hijau dengan memanfaatkan oli bekas dalam memproduksi bahan peledak. Komitmen terhadap lingkungan ini telah memberi manfaat tersendiri bagi perusahaan, seperti peningkatan kepercayaan konsumen, hingga meraih berbagai penghargaan lingkungan.  

Hal tersebut diungkapkan oleh Suhendra Yusuf RPN, Direktur Teknologi & Pengembangan PT DAHANA di Kawasan Energetic Material Center DAHANA Subang, Kamis (13/7/2023). 

“Sejak beberapa tahun ke belakang, komitmen hijau DAHANA ditunjukkan dalam lini bisnis utama, yaitu memanfaatkan oli bekas dalam memproduksi bahan peledak. Hal ini diharapkan menjadi sumbangsih perusahaan terhadap upaya melawan limbah dan polusi yang saat ini sedang dialami oleh umat manusia di berbagai pelosok bumi,” ujarnya. 

Sebagaimana diketahui, oli bekas berpotensi memberikan polusi terhadap lingkungan. Jika oli bekas tidak dibuang dengan benar, zat-zat kimia berbahaya seperti logam berat dan senyawa organiknya dapat mencemari tanah, air tanah, dan sumber air permukaan. Dampaknya bisa merusak ekosistem, mengganggu kehidupan hewan dan tumbuhan, serta mengancam keseimbangan alam. Oleh karena itu, Suhendra menerangkan, penting bagi perusahaan untuk mengelola bahaya oli bekas dengan memanfaatkannya sebagai subtitusi bahan baku solar dalam produksi bahan peledak.

Selain itu, penggunaan oli bekas dalam produksi bahan peledak juga dapat bersumbangsih pada peningkatan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat, serta peningkatan reputasi perusahaan. Penggunaan bahan baku berkelanjutan ini dapat meningkatkan kecenderungan konsumen yang memiliki kesadaran terhadap lingkungan menjadi pilihan utama dalam menggunakan produk bahan peledak beserta turunannya.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut