get app
inews
Aa Read Next : Apresiasi Adanya Perubahan, Pj. Bupati Harap RSUD Subang Menjadi Terbaik di Subang

Masa Jabatan Segera Habis, DPRD Subang Desak Pemkab Segera Usulkan Pj Bupati

Selasa, 23 Mei 2023 | 12:34 WIB
header img
DPRD Subang apresiasi kinerja Polres Subang selama arus mudik dan balik lebaran 2023. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNewsSubang.id - Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Subang akan segera habis pada bulan November 2023 nanti. Untuk itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Subang mendesak agar Pemkab Subang segera mengusulkan nama calon Pejabat (Pj) Bupati Subang.

Menurut Anggota DPRD Subang, Hendra Purnawan, Pj yang akan mengisi kekosongan setelah masa jabatan Bupati Ruhimat habis pada November 2023 mendatang harus segera menjadi agenda utama Pemkab.

"Kita minta Sekretaris Daerah (Sekda) Subang segera mengusulkan nama-nama calon yang akan menjadi calon Pj Bupati Subang," ujarnya belum lama ini.

Hendra menambahkan, masa jabatan Bupati Ruhimat tinggal 6 bulan lagi. Sehingga penjaringan calon Pj Bupati harus segera dipersiapkan dari sekarang.

"Mekanismenya Pemkab mengusulkan ke kita (DPRD), kemudian nanti hasil dari rapet paripurna kita teruskan ke Gubernur dan selanjutnya ke Kemdagri," katanya.

Pemilihan Pj Bupati Subang, lanjut Hendra harus sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, Dan Penjabat Wali Kota.

"Aturannya sudah jelas. Ada di Permendagri No 4 Tahun 2023. Kita minta harus sesuai aturan itu," imbuhnya.

Pj Bupati Subang dalam aturan harus minimal Pejabat Eselon II atau setingkat kepala dinas. Pemkab Subang nantinya harus mengajukan tiga nama calon.

"Selain pemkab yang mengusulkan, Gubernur dan Kemendagri juga sama-sama akan mengusulkan," jelasnya.

Jadi jika disatukan antara usulan Pemkab dan Pemprov serta Kemendagri, nantinya calon PJ Bupati Subang itu ada sembilan orang. Sembilan orang tersebut, tiga usulan dari Pemkab, tiga dari Pemprov dan sisanya dari Kemendagri.

"Kita dukung siapa saja calonnya. Tapi kita harapkan ada prioritas untuk calon Pj usulan dari Pemkab, karena calon Pj harus yang tahu wilayah. Yang tahu Subangkan ya pejabat di Subang," pungkasnya.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut