get app
inews
Aa Read Next : 40 Rumah Dilanda Banjir di Pabuaran Subang

5 Kecamatan di Kabupaten Subang Terendam Banjir, Berikut Data Lengkap dan Penyebabnya

Senin, 27 Februari 2023 | 20:13 WIB
header img
Warha di Blanakan, Subang mengamankan barang ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terendam banjir. (Foto: Agus Hidayat)

SUBANG, iNewsSubang.id - Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat membuat beberapa kecamatan terendam banjir. Sedikitnya ribuan rumah di 5 kecamatan di pantura Subang terendam banjir, Senin (27/2/2023). Banjir diakibatkan meluapnya beberapa sungai di wilayah tersebut. 

Menurut Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang Komara Nugraha, banjir tersebut diakibatkan curah hujan tinggi yang cukup merata. Akibatnya 3 Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kabupaten Subang meluap. 

BACA JUGA : Drainase Buruk, Ratusan Rumah di Kampung Nelayan Subang Terendam Banjir

"Curah hujan tinggi di semua DAS yakni DAS Cipunagara, DAS Ciasem dan DAS Cilamaya yg melintasi semua wilayah Kabupaten Subang," ujarnya kepada iNewsSubang.id.

Komara menjelaskan, dari ketiga DAS tersebut hanya DAS Cipunagara yang relatif aman. Pasalnya 30-50 persen air diatur oleh Bendungan Sadawarna. 

BACA JUGA : Mayat Pria Tanpa Identitas dan Celana Ditemukan di Sawah Pamanukan Subang, Berikut Ciri-Cirinya

"Yang repot itu DAS Ciasem dan DAS Cilamaya (bagian barat Subang) yg bermuara ke ciasem, Patokbeusi, Blanakan," katanya. 

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut