get app
inews
Aa Read Next : Kesaksian Korban Puting Beliung Blanakan Subang, Warga Berhamburan Saat Solat Tarawih

Jaga Ketahanan Pangan, Pemdes Blanakan Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah

Minggu, 05 Februari 2023 | 18:18 WIB
header img
Sekretaris Desa Blanakan Ending Haerudin, manfaatkan halaman rumah dengan menanami sayuran dan budidaya ikan. (Foto: Agus Hidayat)

SUBANG, iNewsSubang.id - Pemerintah Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa barat mengajak warganya agar memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami dengan berbagai jenis sayuran dan budidaya ikan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat menjaga ketahanan pangan di tengah ancaman inflasi di tahun 2023 ini.

Tidak hanya ajakan, Sekertaris Desa Blanakan Endin Haerudin langsung melakukan aksi nyata agar dapat dijadikan contoh oleh warganya. Pekarangan rumahnya kini telah ditanami sayuran dan membuat kolam terpal untuk budidaya kan lele ikan patin dan berbagai jenis ikan lainya.

BACA JUGA : Murah dan Enak, Aneka Ikan Laut Bakar di Laut Utara Subang Serba Rp35.000, Berikut Lokasinya

Menurut Endin, dengan menanam sayuran dan budidaya ikan di pekarangan rumah dapat menjaga dan mendukung ketahanan pangan keluarga mandiri serta upaya pemenuhan kebutuhan protein nabati dan protein hewani. Selain itu juga dapat mempercantik pekarangan rumah jika ditata dengan rapih.

“Kami memanfaatkan pekarangan rumah dengan jumlah lahan sekitar 5000 meter di empat titik dengan ditanami berbagai jenis sayuran, seperti kangkung, cabai, selada, pakcoy, brokoli dan kacang panjang. Sementara budidaya kolam ikan diisi oleh ikan lele dan ikan nila," ujar Endin kepada iNewsSubang.id, Minggu (5/2/2023).

BACA JUGA : Tolak Penutupan Akses Jalan ke Pelabuhan Patimban, Mahasiswa dan Masyarakat Gelar Unjuk Rasa

Endin menambahkan, pemanfaatan pekarangan rumah dengan kreatif dan inovatif ini membuat warga tidak harus lagi membeli kebutuhan pangan. Kebutuhan protein nabati dan protein hewani warga dapat dipenuhi secara mandiri. Selain itu juga dapat memberikan nilai tambah terhadap perekonomian.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut