Evakuasi Buaya Seberat 100 Kg di Subang Berjalan Dramatis, Resque Damkar Turunkan 10 Personil

Yudy Heryawan Juanda
.
Senin, 19 September 2022 | 21:02 WIB
Tim Resque Damkar Subang berhasil evakuasi buaya muara di kolam ikan milik warga di Cisalak. (Foto: Yudy H Juanda)

SUBANG, iNews.id - Tim Resque Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Subang berhasil melakukan evakuasi terhadap buaya muara sepanjang 2,5 meter di sebuah kolam ikan milik warga di Desa Mayang, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Senin (19/9/2022). Proses evakuasi berjalan dramatis, buaya melawan bahkan mematahkan sebuah bambu yang dipakai untuk menangkapnya. 

BACA JUGA : Demo ke Gedung DPRD Subang, Ratusan Ojol Bawa 3 Tuntutane

Menurut Komandan Peleton (Danton) resque Damkar Subang, Wawan Kustiawan, proses evakuasi berjalan cukup lancar meskipun ada perlawanan dari buaya. Pihaknya menurunkan 10 personil atau 2 regu dalam proses evakuasi buaya yang berusia 9 tahun itu. 

"Alhamdulillah evakuasi berjalan lancar, tidak ada hambatan, tadi kebetulan kita itu 2 regu, 10 personil, panjang kira-kira 2,5 meter, jenis buaya muara," ujarnya kepada iNewsSubang.id.

BACA JUGA : Isi Surat Wasiat Kakek yang Tabrakkan Diri ke Kereta Api, Minta Istri Bayarkan Utang Jutaan Rupiah

Sementara menurut kerabat pemilik kolam, Aif Saefurohman, pihaknya sangat khawatir dengan keberadaan buaya tersebut. Sehingga meminta bantuan Damkar Subang untuk melakukan evakuasi. 

"Khawatir mumpung masuk ke kolam, dari pada berbahaya kita evakuasi bekerjasama dengan Damkar, sudah koordinasi juga dengan BKSDA Purwakarta, Alhamdulillah sudah kita amankan semuanya meskipun peralatan seadanya," katanya. 

"Saya ucapan terimakasih kepada Damkar dan juga BKSDA, Bhabinkamtibmas juga, jadi ada kekhawatiran pada saat air naik nanti bisa keluar, kalau buaya kan di air mainannya," tambahnya. 

BACA JUGA : Cincin Tersangkut di Jari, Pelajar SMP di Subang Minta Bantuan ke Resque Damkar Jalancagak

Setelah berhasil dievakuasi, buaya tersebut diserahkan ke BKSDA Purwakarta. Damkar Subang menghimbau kepada masyarakat jika melihat hewan berbahaya atau dilindungi untuk menghubunginya dengan nomor (0260) 411007.

Editor : Yudy Heryawan Juanda

Follow Berita iNews Subang di Google News

Bagikan Artikel Ini